Jenis Diabetes Baru Ditemukan, Apakah Anda Berisiko?

Baru-baru ini Ilmuwan asal Inggris telah berhasil menemukan jenis diabetes baru : Peneliti Universitas Surrey telah mengidentifikasi jenis diabetes baru yang mereka sebut Tipe 3c.

Andrew McGovern, seorang peneliti klinis Inggris, mengatakan bahwa dia dan rekan-rekannya telah menentukan bentuk baru dari penyakit metabolik ini disebabkan oleh kerusakan pada pankreas dari peradangan yang disebut pankreatitis, tumor pankreas, atau pembedahan.

McGovern mengatakan bahwa kerusakan ini merusak kemampuan organ untuk menghasilkan insulin dan sering salah didiagnosis sebagai bentuk diabetes lain.

“Hanya 3% dari 2 juta orang dengan sampel penelitian yang kami diidentifikasi dengan benar memiliki diabetes tipe 3,” katanya. “Studi kecil di pusat penelitian telah menemukan bahwa kebanyakan orang dengan diabetes Tipe 3c membutuhkan insulin dan, tidak seperti jenis diabetes lainnya, juga bisa diuntungkan dengan mengkonsumsi enzim pencernaan dengan makanan.”

Diabetes adalah penyakit seumur hidup yang mempengaruhi cara tubuh menangani glukosa, sejenis gula, dalam darah. Sekitar 30 juta orang menderita penyakit ini yang merupakan penyebab utama kematian ke 7 di dunia.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel pankreas yang memproduksi insulin dan biasanya dimulai pada masa kanak-kanak dan awal masa dewasa. Jenis ini mempengaruhi 1,25 juta anak dan orang dewasa serta hampir selalu membutuhkan insulin untuk dikendalikan.

Pada diabetes tipe 2, pankreas tidak dapat mengikuti tuntutan insulin tubuh dan sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Jenis diabetes ini biasanya dimulai pada usia paruh baya atau lebih tua. Perawatan mungkin termasuk diet, olahraga, pengobatan, pola hidup sehat dan terapi insulin.

Sementara berita tentang diabetes Tipe 3c ini mungkin mengejutkan, para ahli mengatakan bahwa penelitian tersebut mengkonfirmasikan apa yang telah diketahui beberapa ahli endokrinologi.

Dr. Daniel Bessesen, profesor kedokteran dan direktur Program Beasiswa Endokrinologi di Universitas Colorado, mengatakan bahwa diabetes Newsmax Health Type 3c tidak sepenuhnya baru bagi spesialis.

“Ahli endokrin sangat menyadari jenis diabetes ini, karena kebanyakan penderita diabetes dirawat oleh dokter umum, ada baiknya untuk menyoroti masalah ini,” katanya.

“Bukan hanya orang-orang yang memiliki tumor atau operasi pankreas yang rentan terhadap kondisi ini. Yang paling sering salah didiagnosis adalah orang-orang dengan riwayat penyalahgunaan alkohol kronis yang mengembangkan pankreatitis dari penyebab itu. “

Bessesen menjelaskan bahwa orang mungkin tidak langsung mencari pertolongan medis untuk gejala nyeri dan mual pankreatitis sehingga mereka tidak pernah mendapat diagnosis formal. Di sisi lain, seseorang mungkin menderita diabetes bertahun-tahun setelah dia berhenti minum dan dokternya mungkin tidak mengaitkan dua kejadian tersebut.

Baca Juga >>>  Makan di malam hari bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

2 Comments on “Jenis Diabetes Baru Ditemukan, Apakah Anda Berisiko?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *