Jahe: Herbal Alami Penuh Dengan Manfaat

Zingiber officinale atau yang biasa dikenal dengan jahe merupakan salah sau tanaman rimpang yang memiliki banyak manfaat dan juga sangat terkenal. Rimpang jahe memiliki bentuk beruas-ruas dengan rasa dominan pedas dikarenakan sennyawa keton bernama zingeron. Saat ini ada banyak sekali olahan yang berasal dari jahe. Anda juga bisa menikmati jahe sebagai minuman hangat atau permen. Bahkan saat ini ada banyak sekali olahan jahe yang telah diproduksi oleh pabrik-pabrik yang ada di Indonesia. Jika sampai saat ini Anda masih belum menyukai jahe, maka Anda harus mengenali terlebih dulu manfaat jahe agar tidak ragu untuk mengkonsumsinya.

Jahe Melancarkan Pencernaan

Selama ini Anda tentu sudah mengetahui jika buah-buahan memiliki manfaat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Ternyata tidak hanya buah-buahan saja yang dapat melancarkan pencernaan. Jahe juga bisa menjadi salah satu makanan yang dapat membantu untuk melancarkan pencernaan. Jahe sangat baik untuk mencegah sakit perut dan juga membantu pencernaan untuk menyerap makanan secara optimal. Sifat jahe dapat membantu mengurangi peradangan juga sangat membantu untuk kelancaran pencernaan.

Mengatasi Rasa Nyeri dan Memar

Anda tentu pernah mengalami rasa nyeri dan juga memar ketika tubuh terbentur benda tumpul. Jika hal ini sering Anda alami maka Anda bisa mengonsumsi jahe. Pasalnya jahe mengandung anti inflamasi yang mana dapat meredakan rasa nyeri secara alami. Selain itu kandungan anti inflamasi pada jahe juga dapat mengurangi nyeri gejala rematik.

Menghangatkan Tubuh

Wedang jahe pastinya bukan minuman yang asing lagi bagi Anda. Minuman satu ini memang sangat baik untuk menghangatkan tubuh. Bagi orang yang tinggal di pegunungan mengkonsumsi jahe menjadi salah satu hal yang harus  dilakukan. Kandungan anti toksin dan anti virus pada jahe juga baik untuk mengobati batuk dan masuk angin.

Baca Juga >>>  Obat Insomnia Secara Alami

Mencegah Timbulnya Kanker

Ekstrak jahe sangat baik untuk menekan terjadinya pertumbuhan sel kanker. Kandungan gingerol yang terdapat pada jahe sangat baik untuk memperlambat penyebaran sel-sel kanker.

Melancarkan Peredaran Darah

Gingerol pada jahe juga mampu untuk melancarkan peredaran darah. Kandungan gingerol memiliki sifat antikoagulan yang mana berguna untuk mencegah terjadinya pengumpalan darah.

Menurunkan Berat Badan

Berat badan menjadi satu masalah yang sering membuat sebagian besar orang terutama kaum hawa menjadi bingung bahkan rela untuk melakukan diet. Dengan mengkonsumsi jahe Anda dapat menurunkan berat badan secara alami tanpa adanya efek samping. Jahe sendiri dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar sehingga dapat membakar kalori menjadi panas tubuh dan melancarkan proses metabolisme tubuh.

Mengatasi Mual Dan Masuk Angin

Mual dan masuk angin memang bisa dialami oleh siapa saja, untuk itu mengkonsumsi jahe bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sering melakuka kegiatan diluar ruangan. Jahe bermanfaat untuk mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Serta menguranngi rasa mual yang diakibatkan oleh kontraksi pada perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *