Invisible Box Challenge Olah Raga atau Gerakan Ekstrem ?

Sekarang sedang trend di dunia maya gerakan Invisible Box Challenge, yaitu sebuah gerakan menginjak kotak yang tidak terlihat. lalu seberapa ektrem  kah gerakan ini hingga pakar kesehatan banyak yang melarang gerakan ini karena bisa berpotensi menimbulkan cidera pada kaki.

Invisible Box Challenge ini pertama kali di populerkan oleh seorang wanita Pemandu sorak Manvel High School Texas, Amerika. dalam video berdurasi sekitar 42 detik ini di demonstrasikan sebuah gerakan kaki yang seolah-olah menginjak kotak yang tidak terlihat. beberapa pakar kesehatan sempat berkomentar tentang hal ini, di sebutkan bahwa gerakan Invisible Box Challenge merupakan  gerakan plyometric yaitu sebuah latihan otot dimana seluruh kekuatan bertumpu pada satu anggota tubuh dan dilakukan secara singkat.

Anda bisa saksikan gerakan Invisible Box Challenge pada posting twitter di bawah ini :

Meski demikian, para pakar kesehatan dengan tegas melarang melakukan gerakan ini tanpa latihan terlebih dahulu. karena diperlukan pemanasan terlebih dahulu untuk dapat melakukan gerakan Invisible Box Challenge ini. jika anda memaksakan untuk melakukannya maka anda dapat berpotensi cidera, karena otot akan tegang ketika gerakan ini dilakukan.

Dan yang lebih parahnya lagi jika saat mendaratkan kaki posisi anda tidak benar maka resiko kaki terkilir atau yang lebih parahnya lagi patah kaki bisa terjadi, jadi berfikirlah sebelum melakukan gerakan ekstrem ini. solusinya anda bisa melakukan gerakan-gerakan ringan seperti jogging atau lompat tali (skipping).

Baca Juga >>>  8 Jenis penyakit yang tidak akan di cover BPJS

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *