Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Orang Yang Merasa Bosan Akan Mengantuk

Ketika Anda memiliki waktu luang atau menunggu sesuatu dan terkadang merasa ngantuk sebenarnya  Anda merasa bosan. Banyak orang merasa ngantuk ketika sedang bosan. Meskipun awalnya tidak ada perasan mengantuk. Ternyata hal ini memang benar terjadi dan juga bisa dijelaskan dengan penjelasan yang ilmiah.

Tidak hanya berdasarkan cerita zaman dulu. Dalam kehidupan sehari-hari Anda akan melakukan banyak kegiatan dan juga  dari sekian banyak kegiatan yang Anda lakukan pasti ada saat dimana Anda akan menunggu seseorang, atau mendengarkan persentasi bahkan mengikuti rapat dikantor. Dan sudah pasti Anda akan merasa mengantuk ketika melakukan itu semua. Hal ini memang terlihat wajar karena hampir semua orang mengalaminya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh negara sakura, Jepang menyatakan jika rasa mengantuk yang Anda dapatkan saat sedang menunggu bisa terjadi karena sinyal yang berasal dari otak Anda sendiri. Fakta ini dapat terungkap ketika peneliti melakukan riset terhadap tikus. Yang mana dalam penelitian tersebut mereka meneliti aktivitas pada saraf tikus serta perilaku tikus.

Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa ngantuk akan muncul saat merasa bosan. Otak akan dirangsang untuk membuat Anda merasa ngantuk. Pada sebuah penelitian lain yang mana hasilnya diterbitkan dalam Nature Communications juga menyatakan bahwa secara otomatis rasa ngantuk akan semakin meningkat saat Anda merasa bosan. Dan bagian otak ini disebut nukleus akumbens.

Nukleus akumbens merupakan bagian otak yang mana memiliki banyak peran untuk menerima informasi yang menyenangkan dalam otak dan juga mengatur jumlah hormon adenosin yang ada dalam tubuh. Hormon adenson sendiri merupakan hormon yang berfungsi untuk merangsang otak dan akhirnya akan mengantuk. Bahkan dengan nama lain hormon ini adalah hormon tidur.

Baca Juga >>>  4 Mitos diet makanan sehat

Saat Anda merasa bosan maka saat itulah nukleus akumbens akan bekerja dan membuat kadar adnosin naik. Dan Anda akan merasa mengantuk. Ketika Anda sudah merasa mengantuk maka Anda harus melakukan kegiatan yang menarik agar tidak merasa bosan. Apalagi ketika Anda harus berhadapan dengan meeting penting atau kegiatan penting lainnya, tentu akan sangat mengganggu.

Untuk itu Anda perlu melakukan beberapa hal agar Anda tidak mengantuk karena merasa bosan. Anda bisa mencoba untuk menarik nafas dalam-dalam, agar oksigen masuk ke dalam tubuh dengan begitu oksigen akan masuk ke dalam tubuh dan Anda akan merasa segar. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi minuman dingin yang menyegarkan agar badan terasa segar dan Anda tidak mengantuk lagi. Selain itu Anda juga bisa melakukan olahraga ringan seperti pemanasan ringan agar Anda tidak merasa mengantuk.dengan begitu momen penting Anda tidak akan terlewatkan begitu saja.

Hasil Pencarian Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *