Gejala, Penyebab serta Pengobatan Edema atau bengkak seluruh badan

Cara Pengobatan Penyakit Edema Secara Alami

edema adalah akumulasi cairan yang tidak normal di dalam ruang interstitial atau jaringan tubuh yang mengalami pembengkakan. Edema terjadi karena adanya gangguan pada keseimbangan dalam pengaturan cairan tubuh kita, cairan yang berlebihan akan berakumulasi di dalam ruang interstitial yang menyebabkan terjadinya edema atau pembengkakan.

Gejala, Penyebab serta Pengobatan Edema atau bengkak seluruh badan

Penyakit edema merupakan istilah yang digunakan pada kondisi medis berupa pembengkakan jaringan lunak. Penyakit ini dapat terjadi karena adanya akumulasi cairan yang berlebihan di dalam jaringan lunak tubuh seperti di bawah kulit. Edema atau pembengkakan merupakan gejala penyakit yang sering kita temui, seperti pada penyakit yang ringan karena gigitan serangga atau alergi kulit adapun terjadi pada penyakit yang parah seperti pada gagal ginjal dan gagal jantung.

Faktor Penyebab terjadinya edema

  • Peningkatan tekanan hidrosatik

merupakan peningkatan tekanan cairan yang mengalir di dalam pembuluh darah. Peningkatan tekanan ini seperti pada penyakit gagal jantung dan penyakit liver yang menimbulkan adanya hambatan atau gangguan pada cairan yang mengalir di dalam pembuluh darah, sehingga menyebabkan cairan tersebut cenderung akan berpindah ke ruang-ruang interstitial.

  • penurunan tekanan onkotik plasma

Faktor penyebab terjadinya edema selanjutnya adalah adanya penurunan tekanan onkoti plasma yang merupakan tekanan yang dimana mempertahankan cairan agar tetap di dalam pembuluh darah, tekanan jenis ini sangat dipengaruhi oleh zat yang bernama albumin. Gangguan pembentukan albumin dapat mengakibatkan Penurunan tekanan onkotik, pada penyakit liver atau kebocoran albumin seperti pada gagal ginjal yang mengalami gangguan albumin akan menyebabkan cairan berpindah ke ruang interstitial.

  • obstruksi limfatik

obstruksi limfatik merupakan adanya suatu hambatan pada aliran cairan limfa seperti pada penyakit tumor ganas stadium lanjut, yang dapat mempengaruhi cairan cenderung akan berpindah ke ruang interstitial

  • Peradangan

pada kasus peradangan akut maupun peradangan kronis dapat menyebabkan pelebaran pada celah antar sel sehingga mengakibatkan cairan akan lebih banyak terkumpul di ruang interstitial

Baca Juga >>>  Ternyata Daun Kelor Ampuh Atasi Penyakit Berbahaya

Jenis Edema

  • edema lokal

edema lokal adalah pembengkakan yang terjadi hanya pada salah satu sisi tubuh atau hanya pada sebagian tubuh saja. Seperti kaki bengkak, mata bengkak bibir bengkak dan bagian lainnya, Edema lokal dapat terjadi karena adanya gigitan serangga, alergi kulit, dan sumbatan pembuluh darah pada daerah tersebut.

  • Edema general

Sedangkan jenis kedua dari edema yaitu edema general merupakan pembengkakan yang terjadi pada lebih satu sisi bagian tubuh. Pada umumnya edema general terjadi karena gangguan dari suatu organ dalam tubuh kita seperti gagal jantung, gagal ginjal, gagal hati, tumor, dan kanker.

Pada kasus gagal jantung , jantung tidak maximal dalam memompakan darah sehingga beberapa bagian darah tidak tersalurkan dan terhambat pada kaki , perut dan akan menyebabkan pembengkakan serius. Pada kejadian gagal ginjal. Gagal tidak berhasil menjalankan sebagaimana fungsi dan tugasnya yaitu menyaring darah dan menghasilkan urin yang berakibat air tidak dapat keliar dan menyebabkan hampir seluruh bagian tubuh bengkak.

Cara pengobatan Edema

Bebeapa cara dalam pengobatan edema atau bengkak yaitu mengobati penyakit yang akan menjadi dasar dari edema itu sendiri

  • Edema yang dimana diakibatkan karena alergi kulit, gigitan serangga, ataupun memar akibat terbentur sesuatu dapat dikurangi dengan mengompres bagian yang terkena edema menggunakan air hangat. Selain itu juga pemberian salep kulit pada infeksi kulit juga akan mengurangi edema.
  • Edema akibat infeksi virus atau bakteri perlu diberikan obat berupa antibiotik untuk penyebab infeksinya.
  • Edema akibat adanya sumbatan pembuluh darah yang dimana perlu dilakukan evaluasi lebih mendalam berapa besar sumbatan terjadi. Kadang-kadang pasien cukup meminum obat saja agar sembuh, tetapi pada beberapa kali yang harus naik ke meja operasi.
  • Edema akibat gagal fungsi jantung, penderita harus mengurangi bebeapa jenis asupan air dan mendapat terapi untuk mengeluarkan kelebihan air pada tubuh
  • Edema akibat gagal fungsi ginjal, perlu dilakukan observasi tingkat keparahan gagal ginjal itu sendiri. Pada gagal ginjal tahap akhir atau stadium ahir, penderita harus mendapat terapi cuci darah dengan waktu yang sesuai dengan kebuthan.
Baca Juga >>>  Terong Ungu Tidak Hanya Lezat Tetapi Baik Untuk Tubuh

Cara meredakan edema

  • memiijat bagian yang bengkak

Pijat dengan lembut bagian tubuh kita yang bengkak dengan pijatan ke arah alami aliran darah, yaitu ke arah jantung. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan aliran cairan yang menumpuk.

  • Melakukan perawatan kulit Anda

Kulit merupakan bagian tubuh yang sangat terpengaruh oleh edema, karena biasanya kulit bisa menjadi sangat sensitif. Kita bisa melakukan perawatan pada bagian kulit yang terkena edema  dengan membersihkan kulit dengan benar, memberi pelembab dan membilasnya. Merupakan perawatan yang dapat kita lakukan untuk menghindari masalah kulit yang lebih serius lagi.

  • Melakukan Diet sehat

Kita dapat melakukan diet sehat selagi kita mengalami edema, kita dapat memakan buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, bunga matahari, almond dan gandum utuh yang banyak mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat dan juga dapat meredakan edema.

  • Mengontrol dan mengurangi asupan garam Anda

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dapat membuat tubuh menahan air, sehingga edema yang sedang kita alami akan menjadi semakin parah. Pastikan agar kita slalu mengontrol asupan garam pada makanan kita, untuk menghindari edema yang semakin parah.

  • Berolahraga ringan

Jangan sering duduk terlalu lama, karena hal ini akan mengakibatkan edema cenderung akan semakin parah, karena cairan tetap berada dalam jaringan tubuh kita. Alternative terbaiknya adalah dengan berolah raga ringan dimana kita bisa berjalan-jalan santai beberapa kali sehari untuk memacu aliran darah kita. berjalan selama 15 hingga 30 menit beberapa kali sehari, akan membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada tubuh kita.

  • Lakukan gerakan Angkat tangan atau kaki Anda

Pada Bagian tubuh yang mengalami pembengkakan harus sedikit diangkat hingga berada di atas jantung kita, hal ini dilakukan agar cairan d-apat turun ke bawah. Gunakan kursi atau bantal sebagai penyangga bagian tubuh kita yang bengkak. Lakukan selama 30 menit 3 atau 4 kali sehari.

  • Mencoba meramu tanaman obat

tidak ada salahnya jika kita mencoba beberapa tanaman obat yang mengandung herbal alami yang dapat meredakan edema yang sedang kita alami. Seperti tanaman herbal yang mengandung flavonoid yang dapat meredakan bengkak, seperti ekstra bilberry namun ekstra bilberry tidak dianjurkan dikonsumsi jika kita sedang menggunakan obat pengencer darah, daun dandelion, ekstra biji anggur, dan sebagainya.

Baca Juga >>>  Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Orang Yang Merasa Bosan Akan Mengantuk

Selesai sudah penjelasan tentang edema atau bengkak seluruh badan yang akan menjadi pengetahuan baru bagi anda yang memang sedang belajar.

Hasil Pencarian Lainnya:

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *