Faktanya Penyakit Stroke Dapat Dicegah!

Loading...

Stroke merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang orang dengan usia 55 tahun. Meskipun orang dengan usia 55 tahun memiliki resiko 2x lebih besar terkena stroke bukan berarti Anda  yang masiih muda tidak bisa terkena penyakit stroke. Faktanya pennyakit satu ini bisa datang pada siapa  saja tanpa peduli usia baik kaum muda atau kaum tua. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh American Stroke Association ternyata usia menjadi salah satu faktor penyebab stroke.

Stroke merupakan penyebab kematian nomor 5 terbesar di Amerika Serikat setelah penyakit lain seperti jantung dan diabetes. Penyakit stroke tidak hanya menyebabkan seseorang menjadi cacat tetapi juga menyebabkan kualitas hidup penderitanya menjadi menurun dan juga penyakit satu ini beresiko pada kematian. Serta biaya perawatan yang haru dilakukan juga mahal.

Stroke sendiri merupakan penyakit yang mempengarui pembuluh darah disekitar otak. Stroke dapat terjadi saat pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terhalang oleh gumpalan darah atau bisa juga dikarenakan pembuluh darah pecah. Dan saat hal ini terjadi maka ada beberapa bagian otak yang tidak mendapat oksigen yang mana hal ini akan menyebabkan sel otak menjadi mati. Stroke sendiri bisa terjadi karena ada faktor yang mempengaruhinya.

Ketika seseorang terkena stroke maka gangguan syaraf akan terjadi dan menyebabkan kelumpuhan pada anggota badan seperti kelumpuhan pada wajah, bicara tidak jelas, bicara tidak lancar serta terjadinya gangguan pada pengelihatan. Faktanya stroke tidak serta merta terjadi begitu saja. Ada beberapa fakto yang menjadi penyebab stroke yaitu hereditas atau penyakit keluarga, usia, serta kelamin dan sejarah penyakit yang pernah diderita. Dan kaum wanita memiliki resiko lebih besar untuk terkena stroke, apalagi wanita yang mengkonsumsi pil KB, kehamilan dan terapi hormon setelah mengalami menopause.

Baca Juga >>>  Bagaimana Mengelola Stress dengan Tepat

Meskipun stroke bisa menyerang siapa saja, nyatanya penyakit ini masih bisa dicegah. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), dr. Lily S. Sulistyowati menyatakan bahwa penyakit stroke dapat dicegah dengan mengendalikan perilaku yang menjadi pemicu terjadinya stroke seperti memakai tembakau, obesitas, melakukan diet yang tidak sesuai prosedur, memakai alkohol dan juga kurangnya aktivitas fisik.

Menurut data riset kesehatan, sekitar 93,5 % penduduk Indonesia yang berusia kurang dari 10 tahun kurang mengkonsumsi buah dan sayur. Sedangkan 36,3 % penduduk dengan usia lebbih dari 15 tahun sudah merokok bahkan wanita pun sekitar 1,9 % sudah merokok. Sedangkan untuk penduduk yang kurang melakukan kegiatan fisik ada sekitar 26,1 % dan 4,6 % mengkonsumsi alkohol. Hal-hal tersebut nyatanya menjadi pemicu terjadinya stroke, untuk itu penting memiliki pola hidup sehat agar terhindar dari resiko stroke.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *