Fakta nyata ternyata kurang tidur dapat membunuh kita

Dua pertiga orang dewasa di negara maju tidak mendapatkan tidur yang layak yakni 8 jam sehari yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia, menurut Matthew Walker , profesor ilmu saraf dan psikologi di University of California, Berkeley , AS.

Walker adalah penulis sebuah buku baru, Why We Sleep: Ilmu Baru Tidur dan Mimpi (Allen Lane) yang menyatakan “epidemi tidur nyenyak” ini menjadi tantangan kesehatan masyarakat terbesar yang dihadapi negara maju di abad ke-21. 

Tidur meningkatkan kemampuan kita untuk belajar, menghafal dan membuat keputusan serta pilihan yang logis

“Tidur secara rutin kurang dari 6 atau 7 jam semalam dapat menghancurkan sistem kekebalan tubuh Anda, lebih dari dua kali lipat memiliki risiko kanker, Mengacaukan kadar gula darah, meningkatkan risiko diabetes dan meningkatkan kemungkinan tersumbatnya arteri, faktor risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, “kata Walker yang berasal dari Liverpool .Ketertarikannya dengan tidur membawanya dari Universitas Nottingham ke Harvard dan kemudian ke University of California di Berkeley.

Profesor penelitian otak eksperimental di Trinity College Institute of Neuroscience Shane O’Mara mengatakan bahwa tidak ada data untuk mengkonfirmasi epidemi tidur namun banyak orang menganggap remeh pentingnya tidur. “Tidur teratur 7 sampai 8 jam semalam adalah metode terbaik untuk menjaga kesehatan otak dan tubuh” katanya.

Walker menunjukkan bahwa tidak ada satu organ tubuh atau proses yang tidak diperkuat oleh tidur dan gangguan yang merugikan jika kita tidak mendapatkan cukup. “Tidur membantu memerangi keganasan, mencegah infeksi, menyempurnakan keseimbangan insulin dan glukosa yang beredar, mengatur nafsu makan kita dan mempertahankan mikrobioma yang berkembang di usus Anda,” tambahnya. Studi juga menunjukkan peningkatan langsung pada kecanduan makanan manis dan kaya karbohidrat pada mereka yang kurang tidur.

Peneliti lain juga menemukan bahwa sementara para atlet biasanya sadar akan pentingnya tidur sebelum permainan besar, sama pentingnya kebutuhan tidur pasca bekerja karena fungsi fisiologisnya membantu tubuh pulih dari peradangan, merangsang perbaikan otot dan restocking. energi seluler dengan glukosa dan glikogen. Tidur meningkatkan kemampuan kita untuk belajar, menghafal dan membuat keputusan dan pilihan logis. Ini juga menyeimbangkan sirkuit otak emosional kita, memungkinkan kita untuk mengatur tantangan sosial dan psikologis.

Baca Juga >>>  Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

One Comment on “Fakta nyata ternyata kurang tidur dapat membunuh kita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *