Ciplukan: Tanaman Kecil Dengan Khasiat Besar

Ciplukan merupakan tanaman liar yang sering ditemukan sawah dan pematang. Awalnya tanaman satu ini dianggap sebagai tanaman liar dan belum diketahui apa manfaatnya. Ternyata tanaman kecil ini memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Ciplukan memiliki kandungan gizi yang luar biasa seperti asam malat, asam sitrun dan fisalin. Selain itu pada pohon ciplukan juga mengandung berbagai zat aktif yang baik untuk menjaga kesehatan seperti saponin yang bisa ditemukan pada tunas.

Flavonoid pada daun dan juga tunas, polifenol dan fisalin, kandungan withangulatin A, asam plamitat dan stearat pada kandungan bijinya, llau pada akar ciplukan Anda bisa menemukan alkaloid. Tidak hanya itu ciplukan juga bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri, antivirus, imunostimulan, antiinflamasi, antioksidan, analgesik serta dapat mentralkan racun dan mengaktifkan kelenjar-kelenjar tubuh dan memiliki anti tumor. Ciplukan juga mampu meredakan batuk.

Saat Anda sedang flu maka Anda bisa mencoba untuk memakai ciplukan. Anda bisa memotong daun ciplukan menjadi beberapa bagian lalu merebusnya. Air rebusan dari tanaman ciplukan ini bisa Anda minum sampai Anda merasa baikan.  Selain flu Anda juga bisa mengkonsumsi ciplukan sebagai obat radang tenggorokan. Radang tenggorakan yang menyerang anak-naka dan juga orang dewasa terkadang cukup menyakitkan.  Untuk itu cara mengatasi dengan memakai bahan alami bisa Anda gunakan rebusan daun ciplukan. Apalagi jika Anda atau anak mengalami batuk rejan atau biasa disebut dengan pertusis maka Anda juga bisa mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan.

Rebusan daun ciplukan akan meredakan batuk Anda secara alami dan juga bertahap. Dan kabar baiknya batuk tidak akan kembali lagi. Jika Anda pernah mengalami gondogan maka Anda apasti sudah merasakan nyeri yang menyakitkan. Padahal nyeri ini bisa dikurangi dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan. Jika Anda memiliki bisulan dan juga belum sembuh maka Anda tidak boleh melewatkan air rebusan daun ciplukan. Air rebusan daun ciplukan mampu membuat bisul mengering. Caranya juga cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan air pada bisul. Pastikan Anda membersihkan tangan Anda terlebih dulu agar tangan bebas kuman.

Baca Juga >>>  Ternyata Ini 5 Manfaat Tidur Siang

Selain bisul, jika Anda memiliki borok yang belum sembuh maka Anda bisa mencoba untuk mengeringkan luka Anda dengan daun ciplukan. Meskipun hidup liar nyatanya tanaman satu ini sangat ampuh untuk menyembuhkan luka. Gangguan kelenjar getah bening pun juga bisa Anda redakan dengan mengkonsumsi air  rebusan ciplukan secara rutin.  Dengan mengkonsumsi secara rutin maka Anda dapat merasakan manfaatnya. Pastikan juga Anda minum air putih secara teratur. Agar racun-racun dalam tubuh bisa dikeluarkan lewat kencing. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi sesuai dengan takaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *