Cara Menyembuhkan Maag Akut

gangguan pada sistem pencernaan

Gangguan Pencernaan Lain Akibat Produksi Asam Lambung Berlebih.

Bila tubuh memproduksi asam lambung yang berlebihan maka selain penyakit maag kemungkinan juga terjadi beberapa penyakit lain yang dapat ditimbulkannya. Berikut ini beberapa penyakit lainnya akibat produksi asam lambung yang berlebihan :

1. Refluxoesophagitis atau radang kerongkongan. Kerongkongan merupakan bagian tubuh yang tahan terhadap ludah tetapi sangat peka terhadap asam lambung. Refluxoesophagitis terjadi ketika sfincteresophagal tidak tertutup dengan sempurna sehingga terjadi peristaltik balik dari lambung ke oesophagus. Mula-mula terjadi peradangan pada oesophagus, kemudian dapat berkembang menjadi tukak.

2. Tukak lambung atau ulcus pepticum adalah kerusakan sel yang terjadi pada mekanisme penutupan sfincter lambung yang tidak bekerja dengan sempurna sehingga terjadi refluks dari duodenum yang bersifat alkalis.
Akibat dari refluks ini mukosa lambung dikikis oleh garam empedu dan lisolesitin. Tukak lambung hampir selalu diawali dengan terjadinya lesi/luka mikro sehingga menyebabkan getah lambung dapat meresap ke jaringan lebih dalam dan mengakibatkan korosi/perusakan.

3. Tukak usus, adalah akibat dari asam lambung yang diteruskan terlalu cepat ke usus sehingga merusak mukosa usus dan menyababkan kerusakan (tukak).

4. Kanker lambung adalah kanker yang terjadi dilambung. Selain karena pengaruh asam lambung, faktor penyebab terjadinya kanker pada lambung adalah serangan bakteri Helicobacter pylori, mengonsumsi makanan bergaram tinggi dan mengandung nitrat, mengonsumsi alkohol dan merokok.

Pada dasarnya lambung akan selalu memproduksi asam lambung. Produksi ini dapat berubah ketika terjadi perubahan komdisi di dalam tubuh, seperti jadwal makan yang tidak beraturan, keberadaan benda asing, serangan bakteri patogen, ataupun faktor psikologis. Kelebihan produksi asam lambung dapat menjadi sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu bagi penderita ataupun orang-orang yang memiliki riwayat gangguan asam lambung dan gangguan lainnya (penyakit gejala turunan akibat kelebihan asam lambung) hendaknya memerhatikan pola makan.

Baca Juga >>>  8 Jenis penyakit yang tidak akan di cover BPJS

Pola makan yang tepat dapat mendukung kesembuhan serta kesehatan lambung dan saluran cerna. Diet pagi bagi penderita maag dan gangguan pencernaan akibat produksi asam lambung yang berlebih dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Mengurangi pemicu. 
Mengurangi pemicu produksi asam lambung yang berlebihan dilakukan dengan cara mengurangi asupan lemak, dan mengurangi makanan yang merangsang produksi asam lambung (makanan pedas, masam, dan banyak mengandung gas).

2. Makan secara teratur. 
Penderita asam lambung hendaknya makan secara teratur, porsi yang dianjurkan adalah porsi kecil tetapi sering (+/- 3 jam sekali).

3. Mengurangi berat badan, secara step by step. Lakukan pengurangan berat badan secara bertahap (jangan drastis).

4. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan segar yang tidak asam. 

5. Perbanyak mengonsumsi susu rendah lemak.

6. Hindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. 

7. Makan dengan perlahan, jangan tergesa-gesa. 

8. Cara memasak, lebih dianjurkan direbus atau dikukus.

Adapun anjuran makanan yang harus dikonsumsi :

  1. Sumber hidrat arang atau karbohidrat: bubur, kentang rebus, biskuit, dan tepung tepungan yang dibuat bubur atau puding.
  2. Kentang dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama serta mampu menyerap asam lembung yang berlebihan.
  3. Pisang, melon, pepaya, dan tomat. Mengandung kalium yang dapat menetralisir pH asam lambung. Selain itu pisang juga mengandung potasium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah akibat stres.
  4. Brokoli mengandung kalium dan sulfur. Sulfur dalam lambung berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu brokoli mengandung vitamin C dalam takaran yang sama bagi lambung.Vitamin C diperlukan untuk menjaga stamina tubuh.
  5. Lidah buaya mengandung saponin yang berfungsi sebagai antiseptik. Selain itu kandungan mukopolisakarida pada lidah buaya memiliki khasiat antiradang. Sedangkan zat antra kuinon dan kuinonnya berperan sebagai antibiotik dan merangsang pertumbuhan sel sel yang rusak.
  6. Ayam adalah makanan yang sangat baik bagi penderita gangguan akibat asam lambung. Mengonsumsi ayam dapat meredakan rasa sakit.
  7. Sayur yang tak berserat dan tidak menimbulkan gas seperti labu kuning, labu siam, wortel, dan brokoli.
Baca Juga >>>  Manfaat Tersembunyi Dari Kencur Yang Harus Anda Ketahui !

Adapun makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari adalah sebagai berikut :

  1. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain: kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu tinggi lemak. 
  2. Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung). 
  3. Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Makanan tersebut antara lain makanan berlemak, kue tar, cokelat, dan keju.
  4. Makanan dapat yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan. 
  5. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat antara lain sawi dan kol, nangka, durian, makanan berserat tinggi seperti kedondong dan buah yang dikeringkan, serta minuman yang mengandung banyak gas seperti minuman bersoda).

Berikut ini sebuah resep masakan yang sangat baik bagi penderita penyakit maag ataupun asam lambung.

Brokoli ayam saus tiram.

Bahan :
1. Brokoli 100 gram.
2. Zaitun oil 2 sdm untuk menumis.
3. Bawang bombai 1/2 buah, iris-iris.
4. Bawang putih 3 siung, dikeprek.
5. Daging ayam 100 gram, potong kotak.
6. Saus tiram 2 sdm.
7. Kecap Inggris 1 sdm.
8. Garam dan merica secukupnya.

Cara meramu masakan :
a. Goreng ayam 1/2 matang, sisihkan.
b. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.
c. Masukkan daging ayam, aduk dan masak sebentar.
d. Tambahkan brokoli, saus tiram, kecap inggris, garam dan merica, aduk rata.
e. Tambahkan +/- 50 ml air, aduk sebentar lalu angkat.
f. Siap dimakan bersama nasi.

Baca Juga >>>  4 Makanan Ini Bantu Menaikkan Trombosit!

# Sajian cukup untuk 4 porsi.

Semoga bermanfaat .

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *