Cara Menjaga Kesehatan Telinga Secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Secara Alami

Telinga merupakan salah satu indera pendengaran yang berperan penting bagi kehidupan manusia. Reseptor khusus yang di miliki telinga membuat telinga dapat mengenali getaran suara, frekuensi pendengaran pada manusia yaitu 20 Hz sampai dengan 20.000 Hz. karena tanpa keberadaan telinga, maka akan secara otomatis dapat mengakibatkan seseorang dapat menjadi bisu, Hal ini Dikarenakan tidak adanya suara yang mereka dengar.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Secara Alami

Telinga memiliki fungsi sebagai indera pendengaran apabila terdapat gelombang suara yang masuk melalui telinga luar yang kemudian akan diterima oleh otak, telinga juga berfungsi sebagai pengatur keseimbangan hal ini dikarenakan dalam telinga terdapat stuktur khusus yang berfungsi dapat mengatur dan menjaga keseimbangan tubuh.

Bagian-bagian telinga

  • Bagian telinga luar

Bagian telinga luar merupakan bagian terluar dari telinga yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

  • Daun telinga atau auricula yang merupakan susunan tulang rawan yang mempunyai bentuk yang khas yang dapat mendukung fungsi dari daun telinga itu sendiri yaitu berfungsi memusatkan gelombang suara agar masuk kedalam saluran telinga.
  • Saluran telinga luar atau analis auditoris eksternal kelenjar sudorifera yang terdapat pada saluran telinga luar merupakan kelenjar yang dapat menghasilkan serumen yang dapat mengeras, dan fungsi serumen tersebut menjaga agar tidak terlalu banyak kotoran dari luar yang masuk kedalam telinga juga dapat mencegah masuknya serangga kedalam telinga karena memiliki bau yang tidak sedap.
  • Gendang telinga atau membran timpani merupakan bagian dari telinga luar yang berfungsi untuk menangkap gelombang suara.
  • Bagian telinga tengah

Pada bagian Telinga tengah merupakan rongga yang berisi udara, rongga tersebut akan menjaga tekanan udara tetap seimbang Dinding pada bagian telinga tengah dilapisi sel epitel. Fungsi utama dari telinga tengah yaitu meneruskan suara yang diterima dari telinga luar ke telinga bagian dalam.

Baca Juga >>>  Jahe: Herbal Alami Penuh Dengan Manfaat

Tuba eusrachius yang terdapat pada telinga bagian tengah merupakan bagian yang menghubungkan telinga dengan rongga mulut. Tuba eusrachius memiliki fungsi dalam menyeimbangkan tekanan udara yang berada antara telinga bagian luar dan telinga bagian dalam.

Pada bagian ini yaitu telinga tengah . Pada dasarnya memiliki 3 tulang pendengaran yaitu maleus atau juga martil , incu ataupun landesan , dan juga stapes atau juga sanggurdi. Tulang-tulang tadi sudah menjadi saling keterkaitan dan saling berhubungan yang dimana penghubungannya itu sendiri di hubungkan oleh sendi yang membuat  tulang-tulang ini dapat bergerak. Rangkaian daripada 3 tulang yang tadi sudah di sebutkan memiliki fungsi sebagai penghubung atau penghantar getaran yang di terima dari membrane timpani pada telinga luar menuju ke jendela obal telinga bagian dalam. Tuba eusrichius posisinya selalu menutup .kecuali pada saat akan menelan dan menganga.

  • Bagian telinga dalam

Telinga bagian dalam sendiri terdiri dari beberapa tulang dan membrane. Sedangkan labirin tulang atau labirin osea merupakan rongga yang dimana terbentuk pada tonjolan di tulang pelipis yang di dalamnya berisikan cairan perilimfe.

Labirin dari tulang telinga dalam ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

  • Koklea, yang dimana memiliki fungsi lebih kepada fungsi pendengaran.
  • Vestibuli, yang memiliki fungsi lebih kepada menjaga keseimbangan tubuh.
  • Kanalis semisirkularis, memiliki fungsi lebih kepada menjaga keseimbangan dan posisi dari tubuh

 Cara untuk menjaga kesehatan telinga

  • Hindari mengorek telinga menggunakan cotton bud Beberapa orang mungkin sangat sering melakukan hal ini. Padahal mengorek telinga dalam hal ini akan membuat kotoran di dalam telinga menyebar ke bagian lainnya. Oleh karena itu hindari cara ini dan cobalah untuk membasuh telinga ketika berwudhu bagi sebagian umat muslim.
  • Mengunyah makanan, Cara ini memang terkesan aneh namun , dengan cara mengunyah biasanya kotoran telinga yang memang menumpuk akan keluar sendirinya dengan kita mengunyah makanan.
  • Coba terapi lilin Kemajuan era teknologi membuat beberapa penemuan di bidang kesehatan , salah satunya adalah terapi lilin. Dengan menggunakan terapi ini kita akan di mudahkan dalam mengeluarkan kotoran telinga.
  • Jangan menggaruk telinga
    ketika ada rasa gatal pada bagian telinga , biasanya Rasa gatal bisa diakibatkan oleh beberapa factor seperti eksim atau psoriasis. Jadi ketika merasa gatal teramat sangat segera ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.
  • Menjaga dari infeksi
    Dalam hal infeksi sendiri ada 2 jenis infeksi, yaitu pada telinga luar dan juga telinga tengah. Infeksi pada bagian telinga luar biasanya terjadi karena terkena air kotor. Namun untuk bagian tengah, biasanya memiliki dampak buruk pada bagain gendang telinga. penanganan penderita diberi resep tablet antibiotik selain menggunakan resep obat tetes telinga.
  • Periksa keadaan telinga, ketika kita merasakan seperti nyeri pada telinga, hal itu tidak bisa di Tarik kesimpulan bahwa rasa sakit itu berasal dari telinga seluruhnya. Bisa saja berasal dari radang tenggorokan ataupun nyeri pada sendi leher kita.
  • Bersihkan secukupnya, Maksud dari ini adalah , membersihkan telinga secukupnya saja. Jangan memaksakan membersihkan telinga sampai bersih sekali karena , di dalam telinga itu terdapat lapisan minyak atau serumen yang dimana serumen ini  berfungsi untuk mengikat debu atau apapun yang akan masuk  kedalam telinga termasuk serangga kecil.
  • Perawatan rutin
    Lakukan perawatan secara rutin dan berkesinambungan demi menjaga kesehatan pada telinga kita. Selain itu juga apabila kita merasakan ada sesuatu yang aneh dengan telinga kita. Saran terbaiknya adalah dengan memeriksakan kepada dokter THT agar bisa mendapatkan penanganan masalah dengan baik.
  • Menggunakan eardrop
    Gunakan eardrop dalam beberapa kondisi dengan tujuan menjaga dari masuknya air ketika berenang ataupun menjaga agar telinga tetap sehat.
Baca Juga >>>  Cara Alami Mengobati Cegukan

Berikut di atas adalah beberapa cara menjaga kesehatan telinga secara alami.

Hasil Pencarian Lainnya:

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *