Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

Cara Merawat Ginjal Secara Alami

Ginjal adalah satu dari beberapa organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia yang dimana memiliki peranan sangat penting dalam tubuh. Di dalam tubuh terdapat sepasang ginjal yang letaknya berada di kedua sisi tubuh pada bagian punggung bawah tepatnya dibawah tulang rusuk.  Untuk Ukuran panjang dari satu organ ginjal manusia biasanya kurang lebih sekitar 10 cm dengan kisaran berat kurang lebih dari 200 gram.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

Peranan Ginjal di dalam tubuh manusia sangatlah penting dimana ginjal berfungsi untuk mengatur keseimbangan asam-basa di dalam tubuh,  sebagai pengaturan tekanan darah, sebagai organ yang merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, dan juga membantu mempertahankan kalsium untuk tulang.

Mengingat Begitu besarnya peran ginjal bagi tubuh kita, kita harus menjaga kesehatan ginjal kita. jangan sampai ginjal yang terdapat pada tubuh kita mengalami gangguan yang dapat menyebabkan kinerja ginjal menjadi buruk. Gangguan-gangguan pada ginjal dapat mempengaruhi kinerja ginjal saat mencuci darah kita akan terjadi hambatan dalam menyaring limbah tubuh dan cairan berlebih yang akan menjadi urine. Beberapa fungsi ginjal yang harus kita ketahui :

Fungsi Kerja Ginjal Manusia

  • Sebagai penyaring limbah di dalam tubuh dimana limbah yang di hasilkan dari hasil proses makanan , obat obatan ataupun segala hal yang sudah kita makan
  • Sebagai organ yang menjaga keseimbangan kadar garam, mineral, cairan, dan asam darah dalam tubuh kita.
  • Membantu dalam menghasilkan eritropoetin, yaitu hormon yang dimana berfungsi dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh.
  • Membantu menghasilkan renin, yaitu salah satu enzim yang membantu dalam mengatur tekanan darah.
  • Menghasilkan beberapa senyawa aktif dari vitamin D yaitu vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.
Baca Juga >>>  Yang Harus Anda Tahu Ketika Hendak Pasang Behel (Kawat Gigi)

Jika fungsi ginjal terganggu, zat-zat sisa limbah dalam tubuh dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh tidak dapat tersaring dengan baik oleh ginjal. Keadaan ini akan menyebabkan gejala berupa pembengkakan pada pergelangan kaki, menyebabkan mual, rasa ingin muntah, badan terasa lemas, dan disertai sesak napas.

Penyakit ginjal atau gangguan ginjal sendiri dapat dipicu oleh kondisi lainnya, misalnya karena kita memiliki atau mengidap penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Dengan begitu berarti kita memiliki resiko terkena salah satu penyakit yang memang berasal dari ginjal.

Beberapa jenis penyakit ginjal

  • Infeksi ginjal

Infeksi ginjal dapat terjadi apabila bakteri yang ada dalam kandung kemih menyebar naik menuju salah satu ginjal kita atau menuju kedua ginjal dalam tubuh kita. Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena adanya komplikasi infeksi saluran kemih.

  • Batu ginjal

Batu ginjal terjadi karena ginjal tidak dapat menyaring garam dan mineral, sehingga garam dan mineral yang tidak tersaring oleh ginjal menjadi mengeras dan tertimbun dalam ginjal sehingga terbentuk batu ginjal. Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena urine yang terlalu pekat yang menyebabkan garam dan mineral dapat mengkristral.

  • Penyakit ginjal polikistik

berbeda dari penyakit kedua diatas, penyakit ginjal polikistik ini merupakan penyakit ginjal keturunan. Yang biasanya munculnya berupa kista yang berkelompok di dalam ginjal. Penyakit ini sebenarnya tidak ganas akan tetapi penyakit ini menyebabkan penurunan fungsi kerja ginjal itu sendiri.

  • Gagal ginjal akut

penyakit gagal ginjal akut merupakan suatu kondisi dimana kinerja ginjal secara tiba-tiba tidak dapat berfungsi secara normal. Keadaan seperti ini harus segera mendapatkan penangan dengan cepat karena jika penyakit ini tidak ditangani dengan cepat garam dan zat kimia dalam tubuh dapat mempengaruhi fungsi kerja organ tubuh lainnya.

  • penyakit ginjal kronis

penyakit ginjal kronis terjadi karena adanya penurunan fungsi ginjal yang menetap selama 3 bulan. Namun banyak orang yang tidak menyadari dengan adanya penyakit ini, karena pada pasien yang mengidap penyakit ini apabila masih stadium 1-3 tidak ditandai dengan beberapa gejala peyakit ini.

Baca Juga >>>  Hati-Hati Memilih Sabun Untuk Miss V!

Cara mencegah penyakit ginjal

Penyakit ginjal itu sendiri biasanya di timbulkan oleh beberapa jenis penyakit lainnya seperti diabetes ataupun hipertensi. Oleh karena itu salah satu cara yang terbaik untuk kita lakukan dalam mencegah penyakit ginjal  datang ke dalam tubuh kita yaitu dengan mencoba mengendalikan penyakit diabetes dan juga hipertensi. Hal itu akan terjadi ketika kadar gula darah dan juga tekanan pada darah kita tidak terkontrol yang dalam jangka waktu tertentu akan memicu kerusakan pada ginjal kita. Ketika kita mengalami salah satu penyakit yang bisa mengakibatkan penyakit ginjal seperti hipertensi ataupun diabetes langkah terbaiknya adalah langsung konsultasi dan periksakan kondisi anda ke dokter spesialis.

Cara menjaga kesehatan ginjal

Apabila kita memang menginginkan terhindar secara pasti dari  penyakit ginjal ini dan menginginkan ginjal kita selalu sehat. Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa anda praktekan di rumah dengan mudah.

  • Rajin-rajinlah berolahraga baik hanya lari kecil saja atau dengan olahraga permainan
  • Cobalah menjaga pola makan yang teratur dan baik untuk kesehatan ginjal.
  • Selalu menjaga kadar gula pada darah kita dengan cara mengurangi segala makanan yang akan menimbulkan gula darah dalam tubuh meningkat.
  • Selalu konsumsi sayur secara rutin agar ginjal mendapat nutrisi yang baik dari sayuran.
  • Rutin konsumsi air putih terutama bagi anda yang lama bekerja dengan posisi duduk
  • Selalu tetapkan pola hidup sehat dalam keluarga anda
  • menjaga berat badan agar tetap proporsional
  • menjaga tekanan darah dengan cara tidak memakan makanan yang membuat tekanan darah meningkat

Berikut di atas adalah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal secara alami yang bisa kalian tiru dan lakukan agar terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *