12 Cara Mengatasi Morning Sickness Paling Ampuh

Loading...

Morning sickness merupakan hal biasa yang dialami ibu hamil. Gejala morning sickness ini adalah mual dan muntah pada pagi hari, bahkan biasanya ada juga yang mengalaminya sepanjang hari mulai dari pagi malam dan berlaku setiap hari. Morning sickness ini biasnaya terjadi pada awal kehamilan Anda. Mungkin ibu hamil akan merasa sedikit terganggu karena morning sicknessnya, namun tenang saja karena kali ini kami hadir untuk membawa informasi mengenai cara mengatasi morning sickness. Berikut ini adalah cara mengatasi morning sickness khusus untuk Anda :

12 Cara Mengatasi Morning Sickness Paling Ampuh

  1. Istirahat yang cukup

Yang pertama adalah bunda harus istirahat dengan cukup, tentu saja ketika mengalami morning sickness tubuh menjadi akan lemas karena apa yang kita makan akan keluar lagi. Dan supaya lemas tidak menjadi lebih parah lagi maka bunda bisa membuatnya untuk beristirahat. Bunda bisa tidur sejenak ketika sudah merasa mual atau pusing.

  1. Minum-minuman yang hangat

Ketika mengalami morning sickness disarankan untuk minum yang hangat-hangat, jangan sampai minum air dingin karena bisa menyebabkan tambah mual. Bunda bisa minum yang hangat seperti misalnya air hangat, teh tawar, atau minuman hangat lainnya. Karena minuman hangat dapat melegakan perut sehingga tidak akan merasa mual.

  1. Alihkan perhatian

Cara yang ketiga ini merupakan cara yang bisa dilakukan melalui pikiran. Ketika morning sickness melanda tentu saja banyak sekali dari ibu hamil yang menjadi tersiksa dan juga merasa tertekan karena terus-terusan mual. Sebenarnya bunda terus-terusan mual karena bunda terus-terusan memikirkan morning sickness itu sendiri. Oleh karena itu jika bunda tak ingin mengalami mual karena morning sickness ini sebaiknya bunda jangan terlalu memikirkan morning sickness, sebaiknya alihkan untuk kegiatan yang lebih positif dan menyenangkan sehingga lupa akan kebiasaan morning sickness itu.

  1. Jangan makan-makanan pedas

Cara menghindari morning sickness yang keempat adalah jangan sampai bunda makan makanan yang pedas, berlemak, atau berminyak karena itu dapat memancing morning sickness. Oleh karena itu setiap kali makan sebaiknya bunda makan masakan seperti yang kuah-kuahan contohnya sup ayam kampung yang mengandung banyak protein yang juga baik untuk asupan nutrisi si kecil di dalam perut. Bunda juga bisa makan olahan yang dikukus, atau mungkin yang digoreng namun tidak terlalu berminyak.

  1. Jangan merokok

Morning sickness yang sangat menganggu ini juga bisa dijauhi dengan cara hindari merokok. Ibu hamil tidak boleh merokok karena bisa berbahaya bagi kesehatan janin dan juga kesehatan dirinya sendiri, salah satu resiko dari merokok adalah bayi bisa meninggal di dalam kandungan dan lahir dengan berat badan yang sangat rendah. Walau mungkin bunda tidak merokok namun tetap saja sebisa mungkin jauhi asap rokok yang ada. Jika ada anggota keluarga atau orang di sekitar yang merokok sebisa mungkin jauhi mereka karena dampaknya sangat berbahaya bagi janin.

  1. Pilih makanan yang mengandung protein dan karbohidrat

Karena bunda mengalami morning sickness dan sering mual maka bunda menjadi lemas, oleh karena itu untuk mengatasi hal ini bunda harus memilih makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang mudah dicerna supaya sekali makan bunda akan terasa kenyang. Makanan mengandung karbohidrat dan juga protein yang mudah dicerna itu adalah seperti keju, cracker, susu, yogurt, roti gandum, selai kacang, apel, dan masih banyak lagi. Bunda bisa menyiapkan makanan yang sudah kami sebutkan diatas tadi untuk mengatasi jika bunda mengalami mual karena morning sickness.

  1. Sediakan roti kering

Supaya bunda tidak mengalami morning sickness kami punya tips ampuhnya bunda, caranya sangatlah mudah. Bunda harus menyiapkan satu toples roti kering yang bunda sukai di sebelah tempat tidur bunda. Setiap kali bunda terbangun pada malam hari atau pada pagi hari makan setidaknya satu roti kering. Lakukan itu setiap bunda bangun, hal ini mencegah bunda untuk mual karena membuat mulut dan tenggorokan merasakan manis sehingga morning sickness bunda bisa berkurang dengan sedikit-sedikit. Kalau tidak percaya bunda coba lakukan cara ini karena terbukti sangat ampuh.

  1. Cukupi kebutuan air putih

Bagi bunda yang mengalami morning sickness yang ekstrim, yang artinya mengalami morning sickness sepanjang hari maka bunda pasti akan lemas dan beresiko mengalami dehidrasi. Bunda akan mengalami dehidrasi karena banyak cairan yang keluar dari tubuh, tapi apakah  bunda tahu jika dehidrasi ini tak bisa dibiarkan saja? Dehidrasi ini harus segera diatasi karena bisa menimbulkan berbagai efek kepada ibu hamil salah satunya adalah suplai oksigen yang kurang ke otak bayi sehingga bisa menyebabkan kematian di dalam kandungan. Oleh karena itu bunda harus mencukupi kebutuhan air putih, setelah mual sering-seringlah minum segelas air putih supaya tidak sampai dehidrasi.

  1. Makan porsi sedikit

Karena muntah tentu saja bunda akan merasa lapar dan lemas, kebanyakan mungkin akan makan dalam jumlah porsi yang banyak setelah mereka muntah. Hal ini salah besar ya, justru jika bunda makan dalam jumlah banyak sekaligus malah bisa memancing mual lagi. Jika bunda masih mengalami morning sickness sebaiknya bunda makan dalam porsi yang sedikit namun dilakukan sering seperti misalnya 2-3 jam sekali. Dengan begitu bunda akan tetap merasa kenyang dan tidak akan mual dan muntah lagi. Bunda juga bisa menyiapkan beberapa lauk untuk berganti sehingga tidak akan bosan dengan lauk pauknya ketika makan.

  1. Hindari bau-bauan yang memicu mual

Yang selanjutnya adalah dengan cara menjauhi bau-bauan yang bisa memicu mual. Seperti misalnya bau-bauan yang sangat sensitif dengan Anda, jauhi tempat bau seperti sampah karena itu dapat memicu rasa mual. Selain itu bau-bauan yang terlalu wangi sekalipun terkadang bisa membuat kita merasa mual. Hindari makan-makanan yang berbau menyengat dan berlebihan seperti misalnya buah durian. Mungkin jika membau seperti itu bunda akan merasa mual dan justru gejala morning sickness datang lagi, jadi sebaiknya jauhi bau-bauan yang menyengat ya bunda.

  1. Dengarkan musik yang menenangkan

Tidak hanya bisa diatasi dengan makanan dan minuman saja ya, morning sickness pada ibu hamil juga bisa diatasi dengan pengaruh pada pikiran. Pikiran yang tenang tentu saja akan mengurangi resiko morning sickness itu. Bunda bisa mendengarkan musik-musik yang bisa menenangkan bunda. Seperti misalnya musik instrumental piano seperti itu.

  1. Aromaterapi

Tidak hanya cara-cara yang diatas saja, bunda  bisa juga mengatasi morning sickness ini dengan aromaterapi. Sekarang ini banyak sekali dijual lilin aromaterapi atau minyak aromaterapi yang bisa membantu bunda untuk membantu menenangkan pikiran. Aromaterapi ini bisa membantu menenangkan pikiran bunda, membantu mengatasi mual. Aromaterapi bisa diteteskan pada tissue dan dihirup. Namun sebaiknya sebelum memilih aromaterapi bunda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apakah itu aman atau tidak. Karena bisa saja ada yang berbahaya.

Baca Juga >>>  10 Tips Mengatasi Flu Untuk Ibu Hamil Tanpa Obat Paling Ampuh

Itu dia bunda beberapa cara mengatasi morning sickness dari kami, bunda harus melakukan cara-cara diatas supaya morning sickness tidak lagi menganggu bunda. Sehingga bunda bisa melakukan aktifitas seperti biasanya tanpa terganggu dengan adanya morning sickness. Semoga artikel ini bermanfaat ya bunda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *