Cara Bebas Ngilu Karena Gigi Sensitif

Cara Bebas Ngilu Karena Gigi Sensitif

Gigi merupakan alat yang kita gunakan untuk mengolah dan memudahkan makanan yang kita makan, akan tetapi Gigi yang terasa ngilu atau disebut juga gigi sensitif akan menimbulkan masalah dalam aktivitas sederhana sehari-hari yang sering kita lakukan dalam menggunakan gigi seperti makan, minum, dan menyikat gigi menjadi menyakitkan. Namun dalam hal ini kita dapat mengatasinya dengan cara mendeteksi penyebabnya secara pasti agar kondisi ini tidak mengganggu terlalu lama.

Ketahui penyebab gigi ngilu

Gigi menjadi terasa ngilu atau gigi menjadi sensitif biasanya disebabkan karena terkikisnya lapisan email atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi kita menjadi sensitif pada saat gusi terbuka, sehingga menyebabkan dentin lapisan  bawahnya, terpapar berbagai reaksi atau rangsangan. Dentin merupakan bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju ke saraf pusat gigi. Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu reaksi atau rangsangan rasa ngilu pada gigi.

Beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi ngilu atau sensitif

  • Gigi berlubang merupakan salah satu faktor penyebab gigi menjadi ngilu atau sensitif , pada dasarnya gigi berlubang terjadi karena kesehatan mulut yang buruk sehingga menjadi sarangnya bakteri, bakteri inilah yang apabila bertemu dengan gula dari sisa makanan yang kita makan akan merubah gula tersebut menjadi asam, dan pada akhirnya asam ini membuat lubang pada email gigi.
  • Terjadinya radang pada gusi yang menyebabkan gigi menjadi ngilu dan sensitif . radang pada gusi dapat terjadi karena adanya plak yang terbentuk dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.
  • Menyikat gigi terlalu kencang juga bisa menjadi penyebab gigi menjadi ngilu dan sensitif karena tekanan yang terlalu keras pada gigi dapat mengakibatkan gusi menjadi turun dan juga menyebabkan akar gigi menjadi terbuka dan akhirnya membuat gigi menjadi ngilu dan sensitif.
  • Efek samping pemutihan pada gigi dapat menyebabkan gigi menjadi ngilu dan sensitif , pada umumnya orang yang melakukan pemutihan pada gigi akan mengalami gigi sensitif pada tahap awal dalam proses pemutihan gigi.
  • Sering mengkonsumsi makanan dan minuman asam merupakan faktor berikutnya yang menyebabkan gigi menjadi ngilu dan sensitif, jika kita pernah mendengar bahwa makanan dan minuman yang mengandung asam dapat membersihkan gigi namun pada kenyataannya asam yang terkandung dalam makanan dan minuman tersebut dapat mengikis enamel gigi yang menyebabkan gigi menjadi ngilu dan sensitif.
Baca Juga >>>  Khasiat Jeruk Nipis Untuk Menurunkan Berat Badan

Cara mengatasi gigi ngilu atau sensitif

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memeriksakan kondisi mulut dan gigi kita ke dokter. Dokter akan mendeteksi penyebab gigi menjadi ngilu dan sensitif berdasarkan pemeriksaan, riwayat dan gejala yang kita alami. Namun ada beberapa solusi yang mungkin dapat kita lakukan untuk mengatasi gigi yang terasa ngilu atau sensitif

  • Menggunakan pasta gigi dengan formula khusus untuk gigi sensitif solusi ini dapat kita lakukan untuk meringankan atau meredam rasa ngilu pada gigi kita yang sensitif.
  • Menggunakan zat pelindung gigi yang dinamakan fluoride. Dalam penggunaan zat ini di wajibkan untuk mengikuti saran atau resep dokter karena , apabila kita salah memberikan dosis akan mengakibatkan gigi kita terasa sakit yang berlebih. Sehingga alangkah baiknya periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan resep fluoride.
  • Melakukan pengikatan atau penebalan di bagian akar gigi yang terpapar. Hal ini bisa di lakukan dengan bonding resin di nantinya di aplikasikan pada bagian akar gigi. Proses ini sudah tentu di lakukan di dokter gigi karena membutuhkan proses pembiusan.
  • Melakukan bedah gusi.  Penyebab gigi linu itu sendiri karena kondisi akar gigi yang dimana telah kehilangan akan lapisan gusi dapat menjadi penyebab gigi menjadi linu. Cara yang terbaik adalah dengan cara melakukan pengambilan bagian gusi dari bagian gigi lain untuk kemudian dilanjutkan dengan dipasang pada bagian yang hilang.
  • Melakukan pross root canal. Proses ini dilakukan dengan cara merawat pulpa gigi. Cara ini merupakan cara yang paling terakhir apabila perawatan lain sudah tidak bekerja secara efektif dan anda tidak bisa menahan lagi rasa nyeri yang menyerang pada gigi anda. 
Baca Juga >>>  4 Manfaat Ajaib Dari Vitamin C Untuk Kulit Yang Harus Anda Ketahui!

Cara menjaga Kesehatan Gigi

Dengan beberapa contoh perawatan gigi yang bisa di katakana cukup rumit . Alangkah baiknya kita menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi kita sendiri . Karena dengan menjaga dan merawat kesehatan gigi akan membuat apapun jenis makanan yang kita makan akan terasa enak di bandingkan dengan makan dengan kondisi gigi yang tidak sehat. Oleh karena itu berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan pada gigi kita.

  • Cara yang paling pertama dan paling mudah adalah dengan rutin menyikat gigi kita setidaknya 2x sehari dan alangkah baiknya menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride.
  • Hindari beberapa aktivitas seperti menggosok gigi yang terlalu sering, menggosok dengan cara kasar, atau pasta gigi yang memiliki zat yang akan merusak gigi.
  • Tidak melakukan tindakan mengasah gigi yang dimana akan menyebabkan gigi kita retak dan menjadi rusak.
  • Batasi sebisa mungkin beberapa makanan dan minuman yang mengandung asam, seperti minuman yang mengandung soda, yogurt, dan jeruk sitrus.

Berikut di atas adalah beberapa pengetahuan tentang cara bagaimana kita agar bebas dari rasa ngilu pada gigi yang sensitif. Karena dengan terbebas dari rasa ngilu pada gigi akan membuat kita lebih mudah melakukan aktivitas tanpa merasakan nyeri pada gigi .

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *