Cara Alami Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung adalah suatu kondisi dimana kada asam di dalam lambung kita menaik dan tidak normal dari biasanya. Dengan naiknya asam lambung membuat beberapa penyakit akan bermunculan seperti maag atau yang lainnya.

Penyebab kita terkena asam lambung bisa disebabkan banyak hal seperti kebiasaan makan yang tidak teratur, pola makan yang kurang baik, tingkat asam alami yang tinggi, adanya riwayat dalam keluarga dan beberapa penyakit termasuk penyakit imunitas. Meski apapun penyebabnya anda bisa memulai mencegah atau mengobati dengan beberapa cara.

Cara alami menurunkan asam lambung adalah pilihan yang tepat , cara mengatasinya adalah:

  • Minum susu rendah lemak

Kita bisa mencoba untuk minum susu  yang memiliki unsur rendah. Di dalam susu juga terdapat beberapa bahan untuk membuat obat maag seperti antasida , kalsium dan mineral. Namun susu yang rendah lemak yang akan membantu proses cara alami menurunkan asam lambung . Selain membantu proses di atas susu juga termasuk minuman alkali yang bisa membuat perut menjadi lebih baik . Selain itu juga dapat membantu pH tubuh alami sehingga bisa membuat penyebaran asam dalam perut menjadi lebih rendah.

  • Membuat Manisan jahe

Langkah yang ke dua adalah dengan membuat manisan yang terbuat dari jahe. Di yakini bahwa jahe sering digunakan sebagai salah satu obat herbal atau obat alami yang dapat membantu meredakan mual dan muntah karena pada Jahe mengandung senyawa gingerol akan membuat lambung dan perut kita lebih baik . Untuk cara meminumnya bisa dengan membuat manisan seperti yang di sebutkan di atas atau dengan cara merebus dan meminum rebusannya.

  • Minum teh chamomile

Yang selanjutnya adalah meminum the chamomile. Teh chamomile memang  cukup baik untuk orang yang memiliki masalah pada asam lambung. Teh ini dipercaya bisa membantu dalam menurunkan asam dan membuat lambung kita bisa bekerja secara normal. Bahkan sudah terbukti bahwa teh chamomile bisa membantu membuang gas dalam perut akibat asam yang terlalu tinggi.

Baca Juga >>>  Ternyata Manfaat Kayu Manis Semanis Namanya!

Cara mengkonsumsinya hampir sama dengan the lainnya dimana daun chamomile di rebus Bersama air secukupnya , setelah di rasa cukup tiriskan dan biarkan air dingin. Setelah dingin kita bisa mengkonsumsi airnya sebagai pengganti teh. Selain itu juga the ini memang bisa mengobati beberapa penyakit lainnya seperti mengobati sariawan , mengobati diare, mengobati radang tenggorokan.

  • Manisan apel organik

Apabila anda  memiliki tanaman apel organik atau bisa mencari apel organik , bisa di gunakan sebagai cara alami menurunkan asam lambung yang baik. Meskipun memiliki rasa yang sedikit asam, namun beberapa penelitian telah membuktikan bahwa makanan apel organik yang di makan bak itu dengan cara makan langsung maupun di jadikan olahan apapun termasuk manisan, bisa membantu dalam menurunkan asam lambung pada tubuh kita. tapi ingatlah untuk  hindari makan bagian biji apel karena didalamnya mengandung racun sianida yang menyebabkan keracunan dan kematian bagi kita yang mengkonsumsinya.

  • Mengkonsumsi buah yang menenangkan lambung

Selain apel organik , ada juga beberapa jenis buah buahan untuk membantu dalam menurunkan asam lambung pada tubuh kita. beberapa jenis buah ini seperti apel, anggur, pisang, pir, melon, semangka dan cranberry. Beberapa jenis buah-buahan di atas selain memang memiliki fungsi untuk meredakan asam lambung bisa juga sebagai sumber nutrisi dan vitamin bagi tubuh kita . Jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi salah satu dari buah-buahan yang sudah di sebutkan tadi terlebih dahulu.

  • Hindari semua buah yang memiliki rasa asam

Beberapa jens buah yang sangat dilarang untuk di konsumsi ketika kita sedang terkena asam lambung adalah buah jeruk, lemon, nanas, limau dan stroberi asam. Beberapa buah yang sudah di sebutkan tadi yang memang memiliki rasa asam bisa sangat berakibat fatal bagi kita yang sedang merasakan asam lambung naik. Selain itu juga olahan buah dalam  bentuk buah beku, buah kering dan buah kaleng juga tidak di anjurkan , konsumsi buah dengan cara memakannya ketika masih fresh agar buah itu aman di konsumsi kita.

  • Mengkonsumsi sayur yang meredakan asam lambung
Baca Juga >>>  Berpikir Untuk Diet? Yuk Coba Diet Vegan Ala Sophia Latjuba

Beberapa orang yang terkena asam lambung naik biasanya di picu karena pola makan dan  jenis makanan yang kurang terkontrol sehingga membuat asam lambung menjadi naik. Bahkan malah tidak mau juga memakan makanan yang dapat menurunkan asam lambungnya seperti beberapa jenis sayuran yang fresh , beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kentang, wortel, kubis, kacang hijau, kacang panjang dan jenis kacang kacangan lain. Namun tidak semua jenis sayuran baik untuk kita konsumsi , hindari jenis sayuran yang bisa memicu untuk menaikan asam lambung dengan cara mengandung gas yang berlebih seperti paprika, bawang putih, cabe, dan tomat.  Masaklah sayuran dengan cara di rebus atau dikukus agar kandungan di dalamnya tidak hilang.

  • Makan produk gandum

Hampir semua jenis makanan yang diolah dari gandum sangat baik untuk menurunkan asam lemak. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi beberapa jenis produk seperti sereal, oatmeal, bubur gandum, pasta gandum dan roti gandum yang mudah di temukan di supermarket atau minimarket. Namun apabila Anda tidak kurang suka gandum maka cobalah untuk makan  olahan dari beras merah. Semua jenis makanan padat ini mengandung serat tinggi yang mudah dicerna oleh usus dengan baik sehingga bisa membatasi produk asam lambung yang berlebih.  Namun tetap  saja konsumsi lah secara wajar jangan berlebihan.

Berikut di atas adalah beberapa cara alami menurunkan asam lambung yang bisa di implementasikan di rumah bagi anda yang mengalami gangguan pada asam lambung.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *