Cara Alami Mengatasi Ngorok

Sering melihat seseorang tidur ngorok ? tentunya sangat mengganggu sekali ya. nah sebenarnya apa dan bagaimana sih proses terjadinya ngorok itu ? Ngorok atau biasa yang disebut dengan mendengkur adalah proses mengalirnya udara melewati tenggorokan saat seseorang tidur. nah saat udara lewat itu tenggorokan akan bergetar dan menghasilkan bunyi yang disebut ngorok. banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidur ngorok dan bisa saja ngorok ini merupakan pertanda bahwa seseorang memiliki gangguan kesehatan.

simak beberapa gangguan kesehatan yang mengakibatkan seseorang mengalami ngorok :

  • Saluran udara pernafasan yang masuk tersumbat.
  • Memiliki masalah dengan berat badan, atau kegemukan.
  • Seseorang yang memiliki kelainan struktur pada hidung dan mulut.
  • Atau bisa juga kurang tidur/kelelahan.
  • Pada beberapa kasus ngorok bisa terjadi saat seseorang tidur dengan posisi terlentang.
  • Mengkonsumsi alkohol.

Akibat tidur ngorok ini biasanya seseorang akan merasakan ngantuk pada siang hari, kurang konsentrasi karena tidur tidak nyenyak. lalu bagaimana sih cara alami untuk mengatasi ngorok ini ?  tentunya pola hidup sehat serta istirahat yang cukup menjadi solusinya. di beberapa kasus ngorok harus di sembuhkan dengan terapi pengobatan medis karena tingkatnya sudah berat.

Berikut ini beberapa Cara Alami Mengatasi Ngorok yang bisa anda coba di rumah :

  • Mengurangi Berat Badan

Jika anda seseorang yang memiliki badan yang gemuk, cobalah untuk melakukan diet sehat serta olah raga kebugaran untuk menurunkan berat badan anda. usahakan berat badan anda harus ideal umumnya orang normal.

  • Merubah Posisi Tidur

Jika biasanya anda tidur selalu terlentang, mulai sekarang cobalah untuk merubah posisi tidur anda misalnya dengan posisi miring. hal ini mencegah udara pernafasan masuk ke tenggorokan, sehingga pernafasan tidak terganggu.

  • Posisi Kepala Lebih Tinggi
Baca Juga >>>  4 Hal Ini Yang Akan Terjadi Saat Anda Makan Makanan Yang Digoreng

Cara efektif lain adalah dengan menaruh posisi kepala sedikit lebih tinggi dari badan anda saat tidur, hal ini juga membantu memperlancar saluran udara pernafasan anda dan mencegah ngorok.

  • Minum Obat Alergi

Jika anda memiliki alergi udara sebaiknya sebelum anda tidur minum obat alergi terlebih dahulu. hal ini untuk mencegah permasalahan pernafasan yang menyebabkan anda bernafas justru dengan mulut, untuk kasus alergi ini sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda sebelum memilih jenis obat alergi apa yang cocok untuk anda.

  • Stop Minum Alkohol

Mengkonsumsi alkohol bukan saja tidak bagus untuk tubuh tapi juga dapat menimbulkan tidur ngorok, mulailah berhenti minum alkohol jika anda ingin tidur tanpa ngorok.

  • Berhenti Merokok

Menurut penelitian dalam sebatang rokok itu terkandung sekitar 400 jenis racun yang memicu beberapa gangguan kesehatan terutama sistem pernafasan tubuh anda, mulailah pola hidup sehat dengan berhenti merokok sekarang juga agar tidur anda berkualitas dan tidak ngorok lagi.

  • Istirahat Ideal

Istirahat yang ideal termasuk tidur adalah 8 jam sehari, nah hal ini sangat penting. ketika tubuh merasa lelah dan badan butuh istirahat segeralah hentikan aktifitas anda dan beristirahat karena biar bagaimanapun tubuh kita juga butuh penyegaran dengan cara tidur berkualitas.

Demikianlah beberapa tips bagaimana mengatasi ngorok dengan cara alami, semoga saja memberikan anda pencerahan, jangan lupa selalu menjaga pola hidup sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *