Butuh Sumber Probiotik? Berikut 4 Jenis Makanan Yang Bisa Dikonsumsi!

Probiotik merupakan sebuah istilah atau nama yang digunakan untuk mikroorganisme hidup yang mana dapat memberikan dampak baik bagi tubuh dan kesehatan dari organisme yang ditumpangi. Contohnya seperti bakteri baik pada makanan untuk diet. Bakteri baik ini tidak hanya berguna sebagai penyedia rasa tetapi juga dapat mengurangi bakteri jahat yang merugikan organisme yang ditumpangi.

Makanan yang mengandung sumber probiotik sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat mengembalikan keseimbangan alami dan baik untuk pencernaan. Selain itu makanan yang mengandung sumber probiotik alami juga sangat baik untuk menjaga kesehatan perut dan mengurangi masalah perut kembung seperti gas yang ada di dalam perut. Untuk mendapatkan makanan sumber probiotik Anda bisa mengkonsumsi ke empat makanan berikut.

Miso

Miso merupakan makanan yang dengan mudah ditemukan di negara Jepang. Miso adalah makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai. Dan penduduk Jepang sering mengkonsumsi miso karena memang makanan pokok di Jepang. Miso juga bisa Anda gunakan untuk campuran beras merah atau barley dan jenis biji-bijian. Melalui proses fermentasi dan menghasilkan miso, uniknya lagi miso merupakan makanan yang dapat bertahan hingga satu tahun bahkan lebih. Dengan mengkonsumsi miso maka bakteri baik dalam tubuh akan bertambah. Selain itu miso juga memiliki kandungan vitamin B- kompleks, kalsium, magnesium, zat besi serta tidak ketinggalan antioksidan.

Yogurt

Bagi Anda penyuka yogurt maka ada kabar baik bahwa makanan satu ini termasuk sumber probiotik terbaik. Yogurt juga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga jika Anda mengkonsumsi yogurt maka Anda dapat memilih yogurt polos. Tetapi jika ingin menambahkan perasa maka Anda bisa memilih perasa alami seperti madu atau buah-buahan.

Baca Juga >>>  Kenali Tanda Terjadinya Pembekuan Darah

Kimchi

Jika Anda termasuk salah satu pecinta drama Korea tentu tidak asing dengan makanan satu ini. Pasalnya kimchi merupakan makanan dari Korea dan juga sangat sering ditampilkan dalam film atau drama yang sedang di putar. Di Korea kimchi merupakan menu wajib yang selalu ada dalam setiap makanan. Kimchi sendiri dibuat dari sayuran seperti kol, terong, mentimun, wortel atau lobak yang mana difermentasi dengan memakai bakteri baik yang nantinya akan berubah menjadi asam laktat. Penelitian menunjukkan bahwa kimchi tidak hanya sebagai sumber probiotik tetapi juga sebagai anti obesitas, anti kanker, anticonstipation, anti penuaan, antioksidan serta baik untuk mengurangi kolestrol.

Tempe

Selain kimchi yang merupakan makanan asli Korea, Indonesia sendiri memiliki tempe yang mana makanan asli Indonesia. Tempe adalah makanan yang terbuat dari kedelai dan juga sering dipilih untuk menu diet sebagai pengganti daging. Meskipun harga tempe sangat terjangkau dan mudah ditemukan ternyata tempe juga termasuk makanan yang mengandung probiotik dan baik untuk dikonsumsi. Fermentasi kedelai yang telah dimasak menghasilkan tempe. Tempe tidak hanya memiliki sumber probiotik yang baik tetapi juga sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *