Bunga Turi Tidak Hanya Lezat Tetapi Juga Baik Untuk Kesehatan!

Loading...

Bunga turi atau dikenal juga dengan nama kembang turi merupakan bunga dari tanaman turi. Tanaman turi sendiri memiliki nama ilmiah sesbania grandiflora. Bunga turi sering dijadikan lalapan atau dikonsumsi untuk lauk oleh sebagian besar orang. Meskipun jarang dikenal, dan masih sedikit yang mengenal bunga turi nyatanya bunga satu ini tidak hanya lezat untuk dikonsumsi tetapi juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Dalam setiap 100 gram bunga turi Anda bisa menemukan kandungan nutrisinya yaitu 0.04 gr lemak, 1.28 gr protein, air 91.58 gram, 18 mg kalium, 6.73 gr karbohidrat, 0.84 gr zat besi, 30 mg fosfor, 0.430 mg niacin, 184 mg potasium, 15 mg sodium, 0.8 µg selenium, 73 mg vitamin C serta 0.083 mg thiamin.

Kembang turi sendiri bisa Anda temukan pada makanan nusantara seperti pecel atau pun dimakan sebagai lalapan dengan sambal. Kembang turi memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan seperti membantu proses penyembuhan luka. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Pharma Tech Research di tahun 2011 menyatakan jika dalam kembang turi bisa didapatkan ekstrak etanol yang mana berguna untuk membantu proses penyembuhan luka. Bahkan manfaat yang dimiliki kembang turi untuk urusan menyembuhkan luka ini lebih baik dari pada memakai nitrofurazone.

Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi kembang turi untuk mengobati gangguan night blindness atau rabun senja yang mana disebabkan oleh penyakit gusi. Apalagi jika Anda menderita sariawan. Maka Anda bisa mengkonsumsi kembang turi. Pada dasarnya sariawan disebabkan kekurangan vitamin C. Dan untuk mengobatinya Anda bisa mengkonsumsi kembang turi atau memakai batang kembang turi lalu diremas-remas dalam air. Dan air ini gunakan sebagai obat kumur. Atau Anda juga bisa merebusnya terlebih dulu dan air rebusan inilah yang akan Anda gunakan untuk kumur-kumur.

Baca Juga >>>  Syarat Rujukan Pasien BPJS ke Rumah Sakit Dharmais

Anda juga bisa mengobati radang tenggorokan dengan memakai kembang turi. Caranya juga cukup mudah, Anda bisa meremas kembang turi bersama air lalu air remasan ini gunakan untuk berkumur. Dalam sehari Anda bisa berkumur sebanyak empat kali memakai air yang telah tercampur kembang turi. Pastikan Anda melakukannya dengan teratur. Berak bercampur dengan darah atau disentri dapat Anda atasi dengan rajin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari rebusan kulit batang kembang turi merah dengan air sebanyak 2 gelas.

Anda bisa mengkonsumsi 2 kali dalam sehari. Saat Anda sedang berjalan maka Anda tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi. Bisa saja Anda tersandung dan juga terjadi pembengkakan pada kuku. Untuk hal ini Anda bisa mengatasinya dengan mengambil daun kembang turi lalu tumbuk sampai halus lalu letakkan daun yang sudah ditumbuk tadi pada luka atau memar.

Hasil Pencarian Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *