Berikut 5 Gejala Kurang Serat Yang Tidak Boleh Anda Biarkan

Memakan makanan yang sehat dan mengandung serat merupakan hal yang penting bagi sistem pencernaan Anda. Sayangnya sebagian besar orang tidak terlalu peduli dengan makanan yang dimakan. Asal makanan memiliki rasa yang enak dan juga kenyang maka hal ini sudah cukup. Padahal jika hal ini dibiarkan saja sistem penceraan akan terganggu. Makanan berserat merupakan makanan yang mengandung mengandung serat yang mana terdapat pada sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, padi-padian dan juga gandum. Dengan mengkonsumsi makanan berserat secara rutin maka Anda sudah membantu tubuh Anda untk hidup sehat dan juga menjaga metabolisme tubuh. Selain itu Anda juga bisa mengatur fungsi dan sistem tubuh agar tetap lancar. Itu sebabnya Anda harus selalu menjaga pola makan agar tubuh selalu mendapatkan serat yang cukup.

Ketika tubuh kekurangan serat maka tubuh akan memberikan semacam peringatan yang mana sinyal-sinyal ini harus Anda terima.  Penting untuk memahami sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh saat kekurangan serat. Ada 5 sinyal yang harus Anda perhatikan saat tubuh Anda kekurangan serat.

Cepat Lapar Padahal Baru Selesai Makan

Selesai mengkonsumsi makanan seharusnya tubuh merasa sehat dan juga kenyang. Namun jika hal ini tidak Anda rasakan maka Anda harus berhati-hati karena tubuh sedang mengirimkan sinyal pada tubuh. Pada dasarnya makanan yang mengandung serat akan membuat Anda kenyang lebih lama daripada makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Kandungan serat akan berbentuk seperti gel pada saluran pencernaan dan hal inilah yang membuat penyerapan nutrisi pada aliran darah menjadi lebih lambat. Dengan begitu Anda akan merasakan kenyang lebih lama.

Kekurangan Energi

Setelah Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat maka dalam waktu singkat energi akan meningkat. Tetapi sayangnya dalam waktu yang cepat pula Anda akan merasa cepat lelah. Hal ini terjadi karena tubuh memproduksi insulin lebih banyak dan menyebabkan adanya perubahan energi yang terjadi secara tiba-tiba. Berbeda ketika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, yang mana gula darah dalam tubuh akan meningkat secara perlahan dan membuat energi ada didalam tubuh tercukupi dengan baik.

Baca Juga >>>  Manfaat Menakjubkan Dari Mengkonsumsi Kurma

Buang Air Besar Tidak Lancar

Saat Anda kekurangan serat maka Anda juga akan merasakan sembelit atau susah buah air besar. Kekurangan serat membuat pencernaan didalam tubuh tidak lancar.

Susah Menurunkan Berat Badan

Ternyata ketika Anda mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan itu berarti Anda kekurangan serat. Dan hal inilah yang membuat Anda menjadi sulit untuk melakukan diet.

Jantung Akan Bermasalah

Nyatanya masalah jantung memang bukan masalah sepele dan ketika Anda kekurangan serat maka jantung juga menjadi taruhannya. Serat memiliki fungsi untuk membantu nutrisi lain seperti zinc, vitammin B dan juga zat besi untuk bekerja secara optima. Jika memang Anda memiliki masalah jantung maka Anda harus mengubah pola makan yang Anda lakukan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *