Bagaimana Mengelola Stress dengan Tepat

Loading...

Stress merupakan sebuah perasaan emosional jiwa yang dihadapi seseorang ketika sedang dalam suatu masalah, stress bisa terjadi di lingkungan sehari-hari seperti di tempat kerja, di jalanan maupun di rumah. nah bagaimana sih cara yang benar dalam mengelola stress agar tidak menimbulkan efek negatif ke tubuh.  ada banyak cara dilakukan oleh orang untuk menghadapi stress seperti berusaha mencari kegiatan lagi untuk memecah konsentrasi pada saat stress seperti bermain games ataupun menonton acara TV tapi ternyata ada lho cara yang efektif untuk menghadapi stress, simak deh beberapa tips berikut ini :

  • Terapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat

Banyak dari kita kurang memperhatikan kebersihan seperti mencuci tangan sehabis beraktifitas, nyatanya hal kecil ini mampu untuk mencegah terjadinya stress. kondisi badan yang bersih membuat seseorang merasa nyaman dalam melakukan aktifitas dan hal ini berdampak ke tingkat produkfitas seseorang dalam bekerja. jadi jangan pernah sepelekan mencuci tangan ya.

  • Lakukan Kegiatan Sesuai Minat dan Kemampuan

Jika anda memiliki hobby traveling atau hiking cara ini sangat dianjurkan sekali, karena melakukan sesuatu yang kita suka merupakan obat mujarab dalam menghadapi stress seseorang. rasa penat dan pusing akan hilang ketika perasaan kita senang, memilih lokasi yang tepat untuk refreshing juga sangat penting lho.

Jika anda stress cobalah untuk menjadwalkan liburan ke tempat-tempat wisata alam seperti pegunungan dan air terjun, atau jika anda kurang menyukai tempat tersebut pantai menjadi pilihan yang mungkin cocok untuk anda.

  • Tenangkan Pikiran dan Selalu Berfikir Positif

Cara lain untuk menghadapi keadaan stress adalah dengan menenangkan diri anda, lakukan meditasi selama beberapa menit untuk membuat fikiran anda relax, dan selalu berusaha untuk berfikir positif menjadi kunci ketenangan fikiran anda. meditasi terbaik bisa dilakukan dengan gerakan-gerakan yoga atau sejenisnya, usahakan lakukan hal ini rutin selepas melakukan aktifitas yang membuat anda lelah.

Baca Juga >>>  Sebelum Olahraga Pastikan Anda Tidak Mengalami 6 Kondisi Ini!

  • Olah Raga/Melakukan Aktifitas Fisik Secara Rutin

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, pepatah ini sangat tepat. melakukan aktifitas olah raga akan menstimulan otot-otot anda untuk bergerak dan ketika itu keringat akan keluar maka stress akan hilang. walaupun saat tidak dalam keadaan stress olah raga memang sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran fisik, terlebih jika aktifitas kerja anda banyak dihabiskan duduk di depan komputer hal ini akan menguras energi fikiran anda.

Jenis olah raga terbaik untuk menghindari stress adalah renang dan jogging, anda bisa lakukan saat weekend bersama keluarga anda.

  • Tingkatkan Ibadah dan Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Meningkatkan Ibadah dan selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada tuhan mampu membuat jiwa anda merasa damai dan tenang. kedekatan kita kepada sang pencipta akan membuat kita selalu bersyukur dalam hidup, karena nikmat yang paling mahal adalah kesehatan, Jika kita selalu mendekatkan diri kepada tuhan maka stress tidak akan datang pada anda.

  • Istirahat Cukup dan Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Hal terakhir yang penting anda lakukan untuk menghindari stress adalah dengan istirahat yang cukup, tidur ideal untuk orang normal adalah 8 jam, mengkonsumsi makanan bergizi seperti daging dan telur juga sangat penting untuk menjaga stamina tubuh agar tidak sakit.

Selingan lain adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin seperti jeruk dan apel. jika anda sudah melakukan beberapa tips di atas bisa dipastikan anda akan terhindar dari stress.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara mengelola stress dengan benar, semoga dapat membantu anda dalam mengobati stress.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *