Bagaimana Faktor Keturunan Mempengaruhi Resiko Kanker Anda

Hampir semua orang sangat dekat dengan penderita kanker. Bahkan mungkin anggota keluarga anda ada yang terkena kanker. Namun perlu anda ketahui bahwa kebanyakan kanker tidak diwariskan. Berikut ini adalah beberapa mitos yang berkembang tentang faktor keturunan yang mempengaruhi resiko kanker.

3 Mitos Faktor Keturunan Kanker :

Mitos: Jika tidak ada keluarga saya yang menderita kanker, saya tidak akan mendapatkannya.

Kenyataan: Kebanyakan orang yang didiagnosis menderita kanker tidak memiliki riwayat keluarga penyakit ini. Hanya sekitar 5% sampai 10% dari semua kasus kanker yang diwarisi.

Mitos: Jika kanker terjadi di keluarga saya, saya akan mendapatkannya juga.

Realitas: Terkadang, orang-orang di keluarga yang sama terkena kanker karena mereka berbagi perilaku yang meningkatkan risikonya. Bukan karena mereka berbagi gen. Perilaku yang meningkatkan risiko kanker yaitu merokok, kebiasaan makan yang tidak sehat , dan kurang olahraga . Semua perilaku ini bisa diubah untuk membantu mengurangi risiko kanker.

Dalam kasus lain, kanker dapat disebabkan oleh gen abnormal yang diturunkan dari generasi ke generasi. Dalam kasus tersebut, apa yang diwarisi bukanlah kanker itu sendiri, namun gen abnormal yang mungkin tidak menyebabkan kanker.

Mitos: Jika saya memiliki riwayat kanker keluarga yang kuat, tidak ada yang bisa saya lakukan untuk melindungi diri saya sendiri.

Kenyataan: Skrining dapat mencegah beberapa jenis kanker dari yang pernah terjadi, atau mendeteksi mereka sejak dini dan menjadi lebih mudah diobati. Konsultasikan dengan dokter anda tentang tes apa yang anda butuhkan dan kapan anda harus mulai mendapatkannya. Semua orang tidak peduli sejarah keluarga mereka sebelumnya menderita kanker atau tidak dapat membantu menurunkan risikonya dengan menghindari merokok, menjaga berat badan yang sehat, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian serta cukup berolahraga.

Tips Menghindari Resiko Kanker

 

Baca Juga >>>  Vaksin HPV (Human Pailloma Virus)

Tips: Jika anda memiliki riwayat keluarga yang menderita kanker dan ingin mempelajari susunan genetik anda, konsultasikan ke dokter kesehatan anda untuk merujuk ke genetik terlebih dahulu untuk mengetahui apakah  pengujian genetik mungkin tepat untuk Anda.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *