Asam Lambung Menyiksa? Berikut 4 Cara Alami Mengatasinya!

Lambung merupakan salah satu bagian perut yang memiliki fungsi penting untuk mengolah makanan lalu makanan yang sudah di urai tadi nutrisinya akan disalurkan ke seluruh tubuh. Tetapi ketika lambung mengalami gangguan maka lambung tidak akan akan dapat bekerja secara optimal. Dan kebanyakan orang mengalami gangguan lambung yang bisa dikenal dengan asam lambung.

Penyakit asam lambung atau disebut juga dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ditandai dengan sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung atau bisa juga ditandai dengan nyeri pada ulu hati. Saat asam lambung naik menuju esofagus atau kerongkongan yang mana di sini menjadi penghubung antara lambung dan mulut maka di sinilah terjadi sensasi terbakar di dada.

Asam lambung sendiri terjadi lower esophageal sphinchter (LES) yang tidak berfungsi dengan baik. Lower Esophageal Sphinchter merupakan lingkaran otot yang terletak di bagian bawah esofagus (kerongkongan), LES berguna sebagai pintu otomatis yang akan terbuka dan tertutup saat ada makanan turun ke lambung.

Dan setelah makanan masuk maka Lower Esophageal Sphinchter akan menutup secara otomatis dan mencegah makanan kembali naik ke esofagus. Ketika penyakit asam lambung dibiarkan saja dan tidak diperhatikan sejak dini maka akan menjadi maag kronis yang mana dapat menyebabkan  kematian. Meskipun penyakit satu ini tidak separah kanker namun asam lambung membutuhkan penanganan yang serius dan juga harus diatasi dengan baik. Sebelum bertambah parah maka Anda bisa mengatasinya dengan melakukan hal-hal berikut.

Memakai Baking Soda

Baking soda bisa menjadi salah satu minuman yang Anda coba gunakan untuk mengatasi asam lambung. Kandungan basah dalam baking soda sangat banyak dan mampu mengalahkan asam. Anda bisa mengambil 2 sendok the baking soda lalu larutkan ke dalam gelas air. Kemudian Anda bisa meminumnya. Anda bisa sesekali mengkonsumsi baking soda tetapi tidak disarankan setiap hari untuk mengkonsumsinya karena akan menimbulkan efek samping seperti mual.

Baca Juga >>>  8 Jenis penyakit yang tidak akan di cover BPJS

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Ada banyak perusahan kosmetik yang memakai lidah buaya sebagai bahan baku. Dan lidah buaya juga baik untuk digunakan sebagai obat asam lambung. Caranya juga cukup mudah, Anda bisa membuat jus lidah buaya lalu tambahkan sedikit madu agar rasanya enak.

Mengunyah Permen Karet

Permen karet memiliki rasa manis dan juga baik untuk mengobati asam lambung. Sebuah penelitian dan telah dipublikasikan pada Journal of Dental Research menyatakan jika tiba-tiba asam lambung Anda naik di saat tidak terduga maka Anda bisa mengunyah permen karet selama 30 menit dan pelan-pelan asam lambung Anda akan mereda.

Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak kegunaan dan sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Anda bisa minum air rebusan jahe untuk mengeluarkan gas yang ada di dalam tubuh dan juga sifat anti inflami dari jahe akan membantu  mengobati asam lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *