Anda Penggemar Pisang? Selamat, Ternyata Pisang Memiliki Manfaat Luar Biasa

Buah pisang memang sudah tidak asing lagi untuk bagi Anda yang tinggal di daerah tropis. Pasalnya di daerah dengan musim panas Anda bisa mendapatkan buah pisang dengan harga yang sangat terjangkau.  Pisang mengandung serat yang baik karena dalam satu buah pisanng dengan ukuran sedang Anda dapat mendapatkan serat sampai 3 gram. Yang mana mengkonsumsi pisang secara teratur akan mencegah terjadinya kanker usus. Selain kanker usus nyatanya makan buah pisang secara teratur dapat mencegah terjadinya sembelit.

Nutrisi pada pisang seperti senyawa antioksidan dan serat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika Anda menikmati buah pisang dengan ukuran sedang atau sebesar 118 gram maka kandungan nutrisi yang Anda dapatkan adalah vitamin C, vitammin b6, tembaga, mangan. Lemak, serat, protein dan juga magnesium. Dalam setia buah pisang biasanya mengandung sekitar 105 kalori dan juga memiliki kandungan karbohidrat dan air. Baiknya lagi buah pisang tidak memiliki kandungan lemak tetapi masih mengandung protein. Pisang mentah mengandung karbohidrat dan juga pati, pati pada buah pisang mentah inilah yang nantinya akan dirubah menjadi gula seperi sukrosa, fruktosa dan glukosa pada saat pisanng matang. Bagi penderita diabetes akan sangat baik apabila mengkonsumsi pisang yang masih mentah karena memiliki sedikit kandungan gula dan memiliki banyak serat.

Buah pisang juga baik untuk memperbaiki pencernaan. Pada buah pisang dengan ukuran medium, Anda bisa mendapatkan serat hingga 3 gram. Dengan adanya serat maka akan mempermudah proses pengeluaran kotoran serta membantu memberikan rangsangan gerak peristaltic. Jika Anda sedang menjalankan diet atau ingin memiliki pola hidup sehat yang mana pola hidup sehat ini dimulai dari makanan yang Anda konsumsi maka pisang bisa menjadi Andalan.

Baca Juga >>>  Ciplukan: Tanaman Kecil Dengan Khasiat Besar

Buah pisang mengandung kalori yang sedikit yaitu sebesar 100 kalori dan juga tinggi serat. Kandungan pektin dan serat pada buah pisang akan memberikan efek mengurangi nafsu makan sehingga membuat Anda tetap merasa kenyang setelah makan. Kandungan kalium pada buah pisang juga sangat baik untuk kesehatan jantung apalagi untuk kestabilan tekanan darah. Pisang bisa menjadai sumber makanan terbaik untuk menurunan tekanan darah dan juga mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Ditambah lagi kandungan magnesium berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Kandungan kalium pada pisang juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Karena kalium berfungsi menjaga kestabilan tekanan darah dan juga menjaga kesehatan ginjal. Penelitian juga menemukan bahwa dengan mengkonsumsi buah pisang sebanyak 4-6 kali dalam seminggu maka dapat menurunkan 50 % resiko penyakit ginjal. Bagi Anda penderita anemia maka buah pisang bisa menjadi salah satu makanan yang layak untuk dikonsumsi. Kandungan zat besi pada pisang baik untuk proses pembentukan sel darah merah.

 

 

One Comment on “Anda Penggemar Pisang? Selamat, Ternyata Pisang Memiliki Manfaat Luar Biasa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *