Alkohol tenyata dapat memicu terserang 7 jenis kanker

Loading...

Semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin besar kemungkinan Anda mengembangkan setidaknya 7 jenis kanker dalam tubuh anda, kata ahli onkologi.

Minum alkohol baik itu dalam jumlah kecil atau sedang sangat erat kaitannya dengan peningkatan risiko kanker esoforeal, mulut, hati, kolorektal dan payudara, serta lebih dari lima persen kanker dan kematian akibat kanker di seluruh dunia.

American Society of Clinical Oncology (Asco) belum pernah secara formal membahas hubungan antara alkohol dan kanker, namun sekarang menggarisbawahi pentingnya mengendalikan konsumsi alkohol “beresiko tinggi” untuk mengurangi risiko kanker.

Asco sendiri saat ini sedang menggalakan program mengurangi minum alkohol, itu juga mendukung penggunaan alkohol secara moderat, daripada merekomendasikan untuk berhenti minum sama sekali.

Tujuh jenis kanker yang disebabkan oleh alkohol

  • Kanker Mulut
  • Kanker Esofagus
  • Kanker Larynx
  • Kanker Hati
  • Kanker Payudara
  • Kanker Kolorektal
  • Kanker Kepala dan leher

Pada tahun 2013, dilaporkan sekitar 73% orang mengkonsumsi alkohol, dan hampir 13% kebiasaan mengkonsumsi mereka sebagai pesta minuman keras, dan menurut sebuah survei yang diterbitkan dalam JAMA Psychiatry pada bulan Agustus.

Survei tersebut menemukan bahwa konsumsi alkohol telah melonjak sejak tahun 2001-2002. konsumsi Alkohol secara umum meningkat 11%.

CDC merekomendasikan agar wanita tidak minum lebih dari satu gelas sehari atau delapan gelas seminggu. Pria bisa minum dua gelas sehari, atau 14 minggu. Tapi data menunjukkan bahwa orang minum jauh lebih banyak dari seharusnya.

Asco mengutip sebuah ulasan yang menemukan “bukti yang meyakinkan” bahwa konsumsi alkohol tidak hanya terkait, namun merupakan penyebab, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker pita suara, kanker kolorektal, kanker hati dan kanker payudara.

Laporan tersebut mengatakan bahwa sekarang juga ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa alkohol adalah penyebab kanker pankreas, perut dan lainnya.

“Data terbaru yang saya lihat memperkirakan bahwa ini adalah 18.200-21.300 kematian terkait alkohol pada tahun 2009,” kata rekan penulis studi Noelle LoConte, seorang profesor di University of Wisconsin School of Medicine and Public Health.

Tetapi ada beberapa perdebatan mengenai apakah alkohol itu sendiri, atau unsur-unsur lain yang datang dari komposisi berbagai minuman beralkohol adalah penyebab kanker. Laporan Asco mengemukakan perdebatan itu ke tempat tidur: “Jawabannya adalah bahwa asosiasi antara minum alkohol dan risiko kanker telah diamati secara konsisten terlepas dari jenis minuman beralkohol tertentu,” katanya.

Alkohol tidak mempengaruhi setiap bagian tubuh dengan cara karsinogenik yang sama, seperti dijelaskan LoConte.

“Untuk kanker kepala dan leher serta kerongkongan, produk pemecahan alkohol (acetaldehyde, yang merupakan karsinogen mapan) menyentuh jaringan secara langsung saat seseorang minuman beralkohol dan menyebabkan kanker,” tulisnya.

Kanker hati disebabkan oleh sirosis, yang pada gilirannya disebabkan oleh Alkohol juga. Saat sirosis berkembang, sel hati sehat digantikan oleh sel jaringan bekas yang rusak, yang bisa menjadi sel kanker.

LoConte mengatakan, “mengganggu penyerapan folat, yang merupakan langkah penting dalam pengembangan kanker usus besar”.

Ketika tingkat estrogen seorang wanita menjadi sangat tinggi, hormon tersebut menempatkannya pada risiko kanker payudara yang lebih tinggi. Alkohol telah terbukti meningkatkan kadar estrogen.

Faktanya, Asco melaporkan bahwa wanita yang minum satu gelas bir atau anggur (yang kandungan alkoholnya jauh lebih rendah daripada minuman keras) lima persen lebih mungkin untuk mengembangkan kanker payudara pramenopause, dan 9% lebih mungkin terkena kanker setelah menopause.

“Jika Anda tidak minum alkohol, jangan coba untuk memulainya,” kata LoConte, dan “jika Anda minum alkohol, cobalah tetap di bawah rekomendasi 1 atau kurang per hari untuk wanita dan 2 atau kurang per hari untuk pria.”

Baca Juga >>>  Kentang Ungu: Makanan Lezat Bantu Kurangi Resiko Kanker Usus

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

One Comment on “Alkohol tenyata dapat memicu terserang 7 jenis kanker”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *