7 Tips Berhenti Merokok, Terbukti Manjur

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang umumnya dilakukan oleh kaum pria, merokok bukan saja dilakukan oleh orang dewasa namun lebih mirisnya lagi anak-anak di bawah umur juga banyak yang mengkonsumsi rokok. jika sudah terbiasa merokok pastinya sulit untuk menghentikannya, berbagai cara sudah dilakukan namun tidak juga bisa menghentikan kebiasaan buruk merokok ini.

Selain faktor kesehatan terhadadap diri sendiri ternyata rokok juga memberikan dampak buruk yang luar biasa terhadap orang disekitar anda, mereka yang tidak merokok ikut terkena imbas dari asap rokok yang anda keluarkan. resiko penyakit yang ditimbulkan akibat rokok ini juga tidak tanggung-tanggung seperti kanker, jantung serta paru-paru.

nah untuk anda yang ingin mencoba untuk berhenti merokok simak deh beberapa tips berhenti merokok yang terbukti manjur :

  • Bulatkan Niat dan Tekad Berhenti Merokok

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin berhenti merokok adalah niat dan tekat yang kuat. hal ini penting karena biar bagaimanapun kerasnya usaha anda jika tidak memiliki niat dan tekad yang kuat akan sulit tercapai. bayangkan resiko besar yang diakibatkan rokok untuk anda dan keluarga anda.

  • Berhenti Merokok Seketika (Total) atau Melakukan Pengurangan Jumlah Rokok yang dihisap perhari secara bertahap

Jika anda tipe perokok akut yang sulit jika langsung menghentikan merokok, cobalah untuk perlahan mengurangi jumlah konsumsi rokok perharinya. misalnya jika setiap hari total anda menghabiskan rokok sebanyak 3 bungkus, maka perlahan anda kurangi menjadi 2 bungkus, lalu 1 bungkus pada esok harinya dan begitu seterusnya sampai benar-benar berhenti total merokok.

  • Kenali waktu dan situasi dimana anda paling sering merokok

Biasanya waktu yang paling sering untuk orang merokok adalah sehabis makan, karena saat selesai makan ini merokok menjadi sangat nikmat. nah tips yang efektif adalah mengganti rokok dengan makanan pencuci mulut seperti buah-buahan.

Baca Juga >>>  Kentang Ungu: Makanan Lezat Bantu Kurangi Resiko Kanker Usus

Anda bisa mencoba buah-buahan yang manis seperti semangka, mangga atau jeruk. biasanya ketika seseorang sudah kenyang akan malas untuk merokok.

  • Mintalah dukungan dari keluarga dan kerabat

Dukungan dari orang terdekat agar anda berhenti merokok tentunya sangat penting, karena mereka akan selalu mengingatkan anda agar tetap menjauhi rokok, sebisa mungkin hindari berkumpul dengan teman yang perokok berat. hal ini biasanya akan memicu anda kembali merokok.

  • Berolah raga secara teratur

Solusi terbaik lainnya adalah dengan rutin berolah raga, keringat yang keluar ketika berolah raga akan membakar kalori dalam tubuh dan membuat tubuh anda bersemagat untuk beraktifitas. jenis olah raga yang cocok untuk orang yang sedang berupaya untuk berhenti merokok adalah renang dan jongging.

  • Konsultasikan dengan dokter

Langkah terakhir adalah konsultasikan ke dokter anda, mintalah resep obat yang dapat membantu mengurasi efek candu dari nikotin dan obat terapi.

Nah itulah beberapa tips ampuh berhenti merokok, silahkan dicoba di rumah dan selalu ingat kesehatan keluarga anda hal yang terpenting.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *