5 Penyebab Penyakit Kanker Payudara

Jika mendengar kanker tentunya anda sudah dapat membayangkan sebuah penyakit mematikan yang tidak ada obatnya, hal ini wajar sekali karena penyakit kanker termasuk jenis penyakit mematikan ke 2 di Indonesia setelah penyakit jantung dan biasanya yang sering dialami adalah penyakit kanker payudara. nah sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara pengobatan penyakit kanker payudara tentunya anda harus mengenali 5 Penyebab Penyakit Kanker Payudara, berikut ini adalah beberapa faktor umum yang dapat memicu seseorang terdiagnosa penyakit kanker :

  • Faktor Gen/Keturunan

– Banyak para ahli mendiagnosa penyakit kanker terjadi karena adanya faktor genetika dari si pasien penderita kanker, misalnya jika anda memiliki orang tua yang memiliki riwayat penyakit kanker sebelumnya anda beresiko dapat terkena kanker lebih besar sekitar 20% dari orang normal lain pada umumnya. walaupun tidak semua hal ini benar tetapi faktor keturunan masih memegang peran besar penyebab terjadinya kanker.

  • KB Hormonal

– Program KB (Keluarga Berencana) yang pernah digalakan pemerintah ternyata dapat berimbas buruk bagi anda, bagaimana sih KB Hormonal ini dapat menjadi faktor penyebab terjadinya kanker pada seseorang ?

yang pertama kali pada saat anda memutuskan untuk KB biasanya ada beberapa pilihannya antara lain : pil, suntik, spiral dll. nah KB hormonal yang dapat menyebabkan penyakit kanker ini biasanya lebih cepat terjadi pada jenis pil dan suntik.

kenapa pil dapat memicu kanker ? karena pada umumnya efek samping dari penggunaan pil KB jenis ini adalah :

  1. Perut terasa mual
  2. Rasa nyeri di bagian perut
  3. Bertambahnya berat badan
  4. Kepala terasa sakit, bahkan pada penderita lain mengalami migrain hebat.
  5. Payudara terasa nyeri dan sensitif

Nah pada efek ke 5 yaitu payudara terasa nyeri inilah kenapa dapat memicu kanker payudara, karena rasa nyeri yang terus menerus terjadi saat anda mengkonsumsi pil KB.

Perhatian !!!
Sebaiknya sebelum melakukan KB anda konsultasikan terlebih dahulu ke bidan/dokter kandungan anda.

  • Faktor Usia
Baca Juga >>>  Mengkonsumsi Teh Hijau Dapat Mencegah Kanker Payudara

Tidak bisa di pungkiri lagi jika faktor usia berpengaruh penting dalam kesehatan anda, menurut beberapa penelitian seseorang wanita yang berusia 45-50 tahun beresiko terkena penyakit kanker payudara lebih besar dari orang normal. karena pada usia ini wanita umumnya memasuki masa menopause yang mana berhentinya siklus menstruasi. perlu dilakukan skrining kesehatan untuk pencegahan dini penyakit kanker payudara.

  • Jenis Kelamin

Sudah dapat dipastikan kalau wanita memang beresiko lebih besar 100x terkena kanker payudara di bandingkan pria. tetapi jangan salah, kanker payudara juga bisa lho menyerang pria.

  • Pola hidup tidak sehat memicu kanker payudara

Pola hidup saat ini sudah tidak bisa di kesampingkan menjadi penyebab berbagai penyakit hinggap di tubuh anda, beberapa pola hidup tidak sehat antara lain :

  1. Merokok
  2. Minum Alkohol
  3. Kurang Istirahat
  4. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet (MSG) dll
  5. Paparan radiasi secara langsung

Nah seperti itulah kira-kira beberapa penyebab penyakit kanker, semoga dengan mengetahui informasi ini anda dapat terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

One Comment on “5 Penyebab Penyakit Kanker Payudara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *