5 Manfaat latihan kekuatan

Latihan kekuatan seperti senam atau fitnes dapat membantu anda menjadi lebih kuat dan merasa lebih baik hanya dengan beberapa sesi singkat setiap minggunya. Latihan kekuatan dapat dilakukan dengan beban bebas seperti barbel dan dumbel, dengan menggunakan mesin berat, atau tanpa peralatan sama sekali.

Latihan yang menggunakan tubuh Anda untuk ketahanan meliputi:

  • Bagian perut
  • Lunge (gerakan yang melatih otot paha, pantat dan betis)
  • Pushup
  • Squats
  • Jenis latihan dasar lainnya

Latihan beban tali untuk melatih :

  • Lengan
  • Kaki
  • Squats
  • Latihan lainnya

Tips melatih berat badan:

  • American Heart Association merekomendasikan latihan kekuatan setidaknya dua kali seminggu.
  • Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan seorang instruktur kebugaran untuk belajar cara yang benar untuk melakukan setiap latihan.
  • Melakukan latihan 8 sampai 12 kali sudah cukup untuk melatih otot anda.
  • Anda tahu Anda melakukan cukup banyak pekerjaan jika otot Anda sangat lelah sehingga Anda hampir tidak bisa melewati pengulangan ke- 12.
  • Mulailah dari yang mudah, lalu perlahan-lahan tingkatkan beban latihan sampai terasa menjadi lebih mudah.

Pria dan wanita dari segala usia bisa mendapatkan keuntungan dari latihan kekuatan ini, tapi  sangat di anjurkan untuk konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum memulai, terutama jika Anda belum berolahraga dalam beberapa saat.

Dua atau tiga sesi latihan kekuatan dalam waktu 20 – 30 menit setiap minggu dapat menghasilkan manfaat kesehatan yang signifikan:

  • Peningkatan otot: otot secara alami menurun seiring bertambahnya usia, namun dengan rutin melakukan latihan kekuatan dapat membantu mengembalikan fungsi otot tersebut.
  • Tulang yang lebih kuat: Latihan kekuatan meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis.
  • Fleksibilitas gabungan: Latihan kekuatan membantu menjaga fleksibilitas sendi dan bisa mengurangi gejala radang sendi.
  • Kontrol Berat Badan: Saat Anda mendapatkan latihan otot, tubuh Anda mulai membakar kalori dengan lebih mudah, sehingga lebih mudah mengendalikan berat badan Anda.
  • Keseimbangan: Memperkuat latihan dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan seiring bertambahnya usia, mengurangi penurunan dan cedera.
Baca Juga >>>  Pengertian dan Jenis Kontrasepsi KB yang harus anda pahami

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *