5 Manfaat Kunyit Yang Harus Anda Ketahui!

Loading...

Curcuma longa Linn atau kita kenal denngan nama kunyit merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini bisa kita temukan di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia bahkan benua Australia dan Afrika. Kunyit digunakan sebagai bumbu masakan dan juga pengobatan tradisional seperti jamu yang mana bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga merawat kecantikan.

Kunyit sendiri bagian dari kelompok jahe-jahean atau Zingiberaceae. Di Indonesia Curcuma longa Linn dikenal dengan nama kunyit. Sedangkan di Inggris disebut dengan turmeric, di Belanda sendiri kunyit disebut dengan kurkuma. Banyak sekali nama yang dimiliki kunyit bahkan untuk Indonesia sendiri di beberapa tempat memiliki nama yang berbeda. Seperti Jawa disebut kunir, sedangkan di Sunda disebut koneng, daerah Banjar menyebutnya janar sedangkan untuk Madura dikenal dengan konyet. Kunyit dengan memiliki banyak manfaat yang sudah lama dipercaya, bahkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit manfaat kunyit yang tersemmbunyi mulai terkuak. Berikut 5 manfaat kunyit yang harus Anda ketahui.

Anti Peradangan ( Inflamsi)

Kunyit mengandung volatile yang mana berperan sangat baik dalam melawan inflamasi. Bahkan dibandingkan dengan minyak atsiri ternyata kunyit lebih kuat. Hal ini disebabkan pigmen kuning yang disebut curcumin. Dalam banyak penelitian curcumin terbukti memiliki khasiat yang sama denngan obat fenilbutazon  dan hydrocortisone.

Ampuh Melawan Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid Arthritis atau peradangan sendi kronis nyatanya bisa diatasi dengan mengkonsumsi kunyit. Kandungan antioksidan yang kuat pada kunyit dapat mentralisir radikal bebas dan bahan kimia dalam tubuh. Yang mana radikal bebas menjadi salah satu penyebab radang sendi.

Pencegah Kanker

Radikal bebas meyebabkan DNA mejadi rusak dan untuk mencegahnya kita bisa mengkonsumsi kunyit. Kandungan antioksidan pada kunyit mampu melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas. Yang mana proses pergantian sel terjadi setiap tiga hari sekali. Curcumin juga membantu tubuh menghancurkan sel-sel kanker lebih cepat.

Baca Juga >>>  Mengkonsumsi Teh Hijau Dapat Mencegah Kanker Payudara

Mencegah  Terjaadinya Alzaimer

Alzaimer merupakan penyakit demensia yang mana membuat seseorang menjadi lupa akan kenangan yang telah terjadi. Radikal bebas menyebabkan daya ingat turun sehingga menyebabkan terjadinya Alzheimer. Para ahli melakukan penelitian yang berkaitan dengan penyakt alzaimer dan fakta yang menngejutkan menyatakan bahwa curcumin pada kunyit dapat mencegah terjadinya Alzheimer. Hal ini dikarenakan kunyit dapat mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan. Dengan kata lain antioksidan yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan melindungi otak dalam melawan radikal bebas atau oksidatif.

Membantu Mengurangi Resiko Leukimia

Penyakit satu ini memang menjadi momok menyakitkan untuk sebagian besar. Karena memang hampir semua penderitannya bisa meninggal. Hasil penelitian selama 20 tahun di Loyola University Medical Centre, Chicago dilakukan oleh Prof. Moolky Nagabhushan menyebutkan jika curcumin dalam kunyit mampu menghambat mutagenesitas hidrokarbon aromatik polisiklik yang merupakan bahan kimia karsinogenik. Bahan kimia karsinogeik merupakan salah satu zat pemicu terjadinya kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *