5 hal yang harus kamu ingat, agar berat badan tidak gampang naik ketika liburan

Pernahkah kamu mendengar teman-temanmu mengeluh berat badan naik ketika liburan, atau kamu sendiri pernah mengalaminya?

Pada dasarnya ketika hari libur tiba, kita sering kali mengalami kenaikan berat badan. Kok bisa ya? Karena ketika liburan, rutinitas kita banyak yang berubah, terutama di kalangan mahasiswa atau para perantau. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kalimat “liburan adalah proses penggemukan” .

Ketika liburan, kamu pasti sering bangun siang sehingga melewatkan sarapan mu, atau kamu lebih senang di kamar untuk menonton youtube dan drama korea sehingga mager (malas gerak). Nah.. hal-hal seperti inilah yang bisa buat badan melar seketika.

Berikut 5 hal yang perlu kamu ingat agar berat badanmu tidak naik pesat ketika liburan:

1. Sarapan itu wajib
Walaupun pagi hari kamu tidak harus ke kantor atau masuk kelas, tapi sarapan itu penting bagi tubuh kita loh! Kenapa? Penjelasan paling mudah seperti ini, ketika malam hari kamu tidur, organ tubuh kamu juga masih bekerja, nah hal itulah yang mengakibatkan ketika kita tidur dengan waktu yang cukup lama, kita sering terbangun dengan keadaan perut kosong padahal sebelum tidur kita sudah makan. Oleh karena itu, kita tidak boleh melewatkan sarapan agar mengganti nutrisi yang sudah habis ketika tidur. Bukan berarti karena sarapan kamu akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Dengan mengkonsumsi makanan sehat ketika pagi hari dan tidak berlebihan, kamu tidak perlu khawatir jika besok berat badanmu langsung naik 1kg.

2. Boleh makan yang banyak, asal tau diri
Masakan mama memang paling T.O.P ! itulah kenapa para manusia perantauan sering kalap ketika pulang ke rumah, semua mau di makan, kue buatan mama, nasi goreng, pisang goreng dan masih banyak lagi. Well, kamu boleh makan semuanya tapi kamu harus ingat sudah berapa banyak kalori yang kamu timbun? Sudah berapa kali kamu tambah nasi dan lauk siang ini. Kalap sih boleh asal jangan jadi kebiasaan ya!

Baca Juga >>>  Sering Tidak Konsentrasi Di Kantor? Anda Butuh Makanan Ini !

3. Jangan malas bergerak
Kebiasaan paling buruk ketika sedang liburan yaitu MAGER (malas gerak) kemana-mana malas, maunya di kamar nonton, baca novel atau hal lainnya yang tidak mengharuskan kita untuk bergerak. Untuk bergerak saja malas apalagi olahraga, padahal tadi siang kamu sudah makan 2 piring. Daripada olahraga yang berat-berat di waktu liburan, kamu bisa kok melakukan hal-hal lain yang lebih ringan tapi tetap bisa membakar kalori di dalam tubuhmu, misalnya mencuci piring sehabis makan, menyapu dan mengepel lantai rumahmu, atau bantu mama untuk menjemur pakaian.

4. Ganti mie instan dengan buah dan sayur
Kebiasaan lainnya yang juga buruk adalah terlalu banyak mengkonsumsi mie instan, selain tidak sehat mie instan juga bisa membuat kita lebih mudah gemuk karena kandungan di dalam mie instan lama di cerna oleh tubuh. Jadi ada baiknya ketika ke supermarket, daripada membeli mie instan, lebih baik kalian ganti dengan membeli sayur atau buah-buahan.

5. Kurangi minuman bersoda
Biasanya hari libur identik dengan jalan-jalan, entah itu ke pantai, piknik di taman ataupun ke tempat belanja. Biasanya karena capek dan panas, kita lebih sering memilih untuk mampir membeli minuman kemasan atau minuman soda, sudah begitu dingin pula! Segar sih.. tapi apakah kalian tahu bahwa terlalu banyak meminum soda bisa membuat kalian gemuk? peneliti di University of Texas mengungkapkan bahwa soda dapat meningkatkan kegemukan sebesar 32,8%. Walaupun tidak semua orang akan langsung gemuk setelah minum soda, tetapi ingat, mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan itu tidak baik. Jadi, dari pada kalian membeli minuman soda dan menghabiskan uang jajan kalian, ada baiknya jika kalian membawa botol minum berisi air putih dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *