4 Makanan Ini Bantu Menaikkan Trombosit!

Loading...

Nama lain dari trombosit adalah Platele atau bisa juga disebut dengan keping darah. Trombosit merupakan sel-sel yang memiliki bentuk oval kecil yang dibuat di sumsum tulang. Trombosit berguna untuk proses pembekuan saat pembuluh darah pecah maka trombosit akan berkumpul menjadi satu untuk menutup daerah dimana pembuluh darah pecah. Pada tahap ini trombosit dan faktor pembekuan darah akan bekerja sama dengan membentuk benjolan padat atau bekuana darah.

Trombosit sendiri hanya mampu bertahan selama sembilan hari di dalam aliran darah, setelah lewat dari sembilan hari maka trombosit akan digantikan dengan sel-sel baru. Di dalam tubuh manusia, jumlah trombosit harus seimbang karena jika jumlah trombosit terlalu banyak maka akan membentuk pembekuan darah atau disebut trombosis yang mana bisa menghambat terjadinya pembuluh darah dan bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, stroke, dan infark miokard. Dan juga ketika jumlah trombosit terlalu rendah maka dapat menyebabkan terjadinya pendarahan.

Itu sebabnya memiliki trombosit dalam jumlah seperti yang dibutuhkan tubuh sangat penting. Karena memang peran trombosit dalam proses pembekuan darah sangat penting. Dalam tubuh manusia normal seharusnya ada 150 liter ribu sampai 450 liter ribu mikro darah. Ketika seseorang memiliki jumlah trombosit yang kurang dari seharusnya maka yang terjadi adalah terjadinya infeksi, kanker atau bahkan demam berdarah.  Untuk itu penting menjaga agar jumlah trombosit di dalam tubuh Anda normal. Untuk menjaga trombosit selalu dalam keadaan normal maka Anda bisa memulainya dari makanan yang Anda konsumsi.

Makanan Dengan Kandungan Antioksidan

makan pepaya untuk menaikan trombosit

Untuk menaikkan trombosit Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dalam jumlah banyak. Contohnya buah-buahan seperti pepaya, buah pepaya kaya akan antioksidan. Dan juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau langsung dimakan sebagai buahnya.

Baca Juga >>>  Roti Tawar Atau Roti Gandum?

Makanan Yang Kaya Akan Vitamin C

khasiat buat tomat untuk trombosit

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan trombosit di dalam tubuh. Peranan vitamin C sangat penting. Untuk itu Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti tomat, brokoli, paprika atau buah-buahan lainnya yang mana kaya akan vitamin C.

Sayuran Berdaun Hijau

sayuran hijau berkhasiat menaikan trombosit

Jika Anda menyukai sayuran berdaun hijau maka Anda sudah membantu tubuh dalam menjaga trombosit dalam tubuh. Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan vitamin K, dan vitamin K ini akan membantu tubuh dalam proses membekukan sel darah merah dengan begitu kerusakan pada sel-sel darah bisa diatasi dengan baik.

Makanan Yang Mengandung Kalsium

susu tanpa lemak bagus untuk menaikan trombosit

Selain sayuran, makanan yang mengandung kalsium sangat baik untuk meningkatkan trombosit yang ada di dalam tubuh manusia. Dan susu tanpa lemak bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan trombosit. Kalsium pada susu, protein fibrinogen dan juga vitamin K akan bekerja sama dalam proses pembekuan darah.

Hasil Pencarian Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *