4 Keuntungan Yang Akan Kamu Dapatkan Dari Mengkonsumsi Zaitun

Zaitun merupakan salah satu buah yang sangat terkenal di dunia. Hampir seluruh orang mengetahui jika buah zaitun memiliki banyak sekali manfaat.  Memiliki nama latin Olea europaea tetapi lebih dikenal dengan nama Zaitun atau olive. Pohon Zaitun berukuran kecil dan memiliki daun dengan ukuran kecil. Buahnya bisa dimakan mentah atau pun diolah mejadi asinan. Sedangkan minyaknya dapat digunakan sebagai obat atau pun merawatan kecantikan. Suku Oleaceaae ini merupakan makanan yang biasa dikonsumsi negara Timur Tengah dan juga Eropa. Bahkan popularitasnya sudah terkenal sejak zaman dulu. Untuk Indonesia sendiri ternyata lebih banyak mengkonsumsi minyak zaitun.

Sebenarnya zaitun memiliki buah berwarna hijau atau ungu kehitaman. Buah segar terasa getir, itu sebabnya banyak yang mengolahnya sebagai asinan. Kandungan vitamin pada zaitun juga tidak main-main. Dari berbagai macam antioksidan, senyawa fenolik, asam oleat, vitamin, mineral, dan senyawa organiknya, termasuk zat besi, serat, tembaga, vitamin E serta kandungan indeks glisemik yang rendah. Setiap 100 gram buah zaitun mengandung kalori sebesar 115-145 atau bisa juga sebanyak 59 kalori. Untuk 10 buah zaitun, dengan asumsi setiap buah zaitun memiliki kalori sebesar 4 gram. Zaitun mengandung lemak baik dan asam lemak oleat merupakan lemak tertinggi yang bisa kita temukan pada zaitun dan hampir 74 % dari kandungan nutrisi pada zaitun. Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki, nyatanya zaitun memiliki manfaat yang sangat menguntungkan.

Melawan Infeksi

Hydroxytyrosol, oleuropein, tyrosol, asam oleonalik dan quercetin merupakan kandungan antioksidan dari buah zaitun. Kandungan antioksidan pada zaitun ini mampu mengurangi kerusakan yang terjadi di dalam tubuh dan membantu mellawan infeksi yang mana disebabkan oleh bakteri.

Zaitun Baik Untuk Kesehatan Jantung

Baca Juga >>>  Kunyit Putih Ternyata Ampuh Sembuhkan Kanker!

Jantung menjadi salah satu alat vital bagi manusia. Untuk itu menjaga kesehatan jantung merupakan hal wajib. Kita bisa  melakukan olahraga rutin dan memakan makanan yang bergizi seperti zaitun. Asam oleat sangat baik untuk jantung karena mamu mengatur akdar kolestrol dan juga melindungi kolestrol baik dari oksidasi. Selain itu asam oleat juga membantu mengurangi tekanan darah tinggi, seperti yang kita ketahui bahwa tekanan darah tinggi akan memicu terjadinya penyakit jantung. Sedangkan kandungan hydroxytyrosol pada zaitun sangat baik untuk melindungi jantung. Kandungan hydroxytyrosol bertugas untuk menngurangi pembekuan darah.

Menjaga Kesehatan Tulang

Penurunan massa tulang dan juga kualitas tulang menjadi penyebab osteoporosis. Yang mana jika dibiarkan berlarut-larut dapat mengakibatkan patah tulang. Sejumlah senyawa pada buah zaitun terbukti mampu mencegah terjadinya tulang keropos.

Mencegah Terjadinya Kanker

Kandungan antioksidan pada buah zaitun memang tidak diragukan, mengkonsumsinya secara teratur sangat baik untuk mencegah terjadinya kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *