10 Hal yang tidak pernah anda ketahui tentang kanker prostat

Loading...

Ketika berbicara masalah kesehatan pada pria, mayoritas tidak akan benar-benar berbicara secara jujur atau mengambil tindakan saat mereka  tahu ada sesuatu yang tidak beres pada diri mereka. Banyak dari mereka malah justru berusaha menutupi masalah kesehatan mereka sendiri.

Hal ini bukan merupakan sesuatu yang baik, karena kesehatan merupakan sesuatu hal yang penting. Karena riset mengungkapkan bahwa rata-rata pria beresiko lebih cepat 4 tahun daripada wanita.

Yayasan Movember adalah satu-satunya badan amal global yang berfokus secara eksklusif pada kesehatan pria. Mereka berkomitmen untuk menurunkan angka kematian dalam usia muda pada pria, serta membantu mereka hidup lebih bahagia dan sehat. badan amal ini mencoba mengumpulkan dana dan mengembangkan program untuk mendukung orang-orang yang telah berhasil bertarung melawan penyakit kanker prostat , kanker testis dan penyakit jiwa.

Berikut 10 hal yang tidak pernah anda ketahui tentang kanker prostat .

  1. Hanya pria yang memiliki kelenjar prostat . Kelenjar prostat biasanya berukuran dan memiliki bentuk sebesar buah kenari dan tumbuh lebih besar saat anda bertambah tua. posisinya tepat berada di bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra, yang merupakan kantung air seni dan sperma. Tugas utama prostat adalah membantu membuat air mani.
  2. Kanker prostat adalah kanker yang paling sering didiagnosis pada pria di seluruh dunia.
  3. Sekitar 1 dari 8 pria di dunia berpotensi menderita kanker prostat. Ada banyak jenis kanker prostat, beberapa di antaranya mampu bertahan selama bertahun-tahun, sementara ada jenis lain yang bisa lebih agresif dan membutuhkan perawatan yang mendesak.
  4. Tidak semua orang mengalami gejala kanker prostat . Seringkali, tanda-tanda kanker prostat pertama kali dideteksi oleh dokter saat melakukan pemeriksaan rutin. Seorang pria pasti pernah mengalami perubahan fungsi kencing atau seksual yang mungkin mengindikasikan adanya kanker prostat.
  5. Perbedaan antara deteksi dini dan deteksi yang sudah terlambat bisa berupa kematian dan jiwa . Bila terdeteksi dini, tingkat kelangsungan hidup kanker prostat lebih baik dari 98%. Jika di deteksi sudah terlambat tingkat kelangsungan hidup turun di bawah 26%.
  6. Saat berusia 50 tahun, pria harus berkonsultasi dengan dokter mengenai
    Tes PSA .
     Tes PSA merupakan tes darah rutin sederhana . Ini digunakan untuk menentukan pengukuran konsentrasi Prostate Specific Antigen (PSA) dalam darah, ini adalah metode utama untuk menguji kanker prostat.
  7. Pria yang keturunan Afrika atau Karibia dua kali lebih mungkin terkena kanker prostat. Kemungkinan mereka bahkan lebih besar lagi jika mereka memiliki saudara laki-laki atau ayah yang telah terkena kondisi tersebut.Karena risiko tinggi mereka, mereka harus berbicara dengan dokter mereka pada usia 45 tahun.
  8. Lebih dari 330.000 pria tinggal bersama dan setelah kanker prostat di Inggris.
  9. Setiap 45 menit satu orang meninggal karena kanker prostat lebih dari 11.000 pria setiap tahunnya.
  10. Yayasan Movember adalah penyandang dana global terbesar dalam penelitian kanker prostat .
Baca Juga >>>  Pencegahan Kanker Prostat

About ivink3aray

Hobi explore hal baru, dan suka menulis tentang kesehatan di sekitar kita

View all posts by ivink3aray →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *